Selama Libur Nataru, Pengiriman Instan Meningkat Berkat UMKM

Senin, 03 Januari 2022 – 14:21 WIB
Pengiriman instan selama musim liburan nataru mengalami peningkatan. Foto dokumentasi Lalamove Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pengiriman instan (on-demand) meningkat selama masa musim liburan natal dan tahun baru (nataru). Hal ini ditunjang dengan pengiriman oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Prediksi kami pesanan meningkat hingga 15 persen selama musim liburan," kata  Andi M. Rizki, City Director Lalamove Indonesia dalam keterangan resminya, Senin (3/1).

BACA JUGA: Masa Pandemi, UMKM Mitra Bisnis Lalamove Meningkat 220%

Diakuinya, momen liburan nataru memang salah satu periode tersibuk dalam setahun bagi banyak bisnis. Keterbatasan pandemi Covid-19 tidak menjadi hambatan untuk merayakan kebersamaan, dengan kehadiran teknologi pengiriman instan.

Dia mengatakan, dengan persiapan yang tepat, berbagai sektor usaha, termasuk UMKM bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan.

BACA JUGA: Lalamove Lindungi Driver dengan Health Kit, Pelanggan Pasti Happy

"Salah satu aspek yang perlu diperhatikan pemilik usaha adalah kecepatan dan keamanan pengiriman pesanan,” ujar Andi.

Lalamove juga mencatatkan peningkatan lebih dari 300% mitra pengemudi yang sudah terverifikasi dibandingkan tahun lalu. Hal ini karena antisipasi lonjakan permintaan pengiriman selama nataru.

BACA JUGA: Lalamove Kini Melayani Pengiriman Obat dan Vitamin selama Masa Pandemi Covid-19

"Armada yang kami siapkan juga beragam, mulai dari mitra pengemudi motor, mobil, hingga pick-up box," imbuh Andi.

Saat liburan nataru, Lalamove melakukan inovasi fitur yang membuat pengguna bisa mengatur 19 titik pengiriman berbeda dalam sekali kirim. Jadwal pengiriman dari fitur ini juga bisa diatur melalui aplikasi, dan tersedia selama 24 jam. 

Hal ini menurut Andi, akan sangat membantu para mitra bisnis Lalamove, terutama UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pihaknya juga memastikan bahwa 90% mitra pengemudi yang terbagi dalam berbagai divisi telah menjalani proses vaksinasi dosis ke-2, agar pengguna nyaman dan merasa aman. 

“Ini bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mencegah menyebarnya varian omicron yang saat ini sudah masuk ke negara kita," ujar Andi M. Rizki lagi.

Lalamove membuat pengiriman lokal lebih cepat dan mudah tercapai melalui inovasi seperti pencocokan order instan, pelacakan kendaraan real-time melalui GPS, layanan 24 jam, dan sistem rating pengemudi. Saat ini, Lalamove beroperasi di lebih dari 30 kota di seluruh Asia dan Amerika Latin. (esy/jpnn)

 

 

 


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler