Selamat Pak Jokowi, Ini Kemenangan Rakyat

Selasa, 21 Mei 2019 – 14:04 WIB
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate. Foto: dokumentasi JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil rekapitulasi Pileg dan Pilpres 2019, pukul 01.46, Selasa (21/5). KPU menyatakan pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin meraih 85.607.362 suara atau 55,50 persen, dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno 68.650.239 atau 44,50 persen. Adapun selisih suara Jokowi – Ma’ruf dan Prabowo – Sandi mencapai 16.957.123.

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin, Johnny Gerard Plate mengucapkan selamat kepada Jokowi yang dipercaya rakyat, bahkan dengan selisih suara yang signifikan.

BACA JUGA: Pidato Kemenangan, Jokowi: Pembangunan Harus Adil dan Merata

BACA JUGA: Pidato Kemenangan, Jokowi: Pembangunan Harus Adil dan Merata

Menurut Johnny, masih ada waktu tiga hari sesuai amanat undang-undang sebelum penetapan presiden terpilih oleh KPU untuk melakukan gugatan.

BACA JUGA: Maruf Amin Berharap Prabowo Tak Menggugat

Johnny tidak mempersoalkan ada peserta yang menolak menandatangani hasil pemilu. Menurut dia, persoalan itu sebenarnya sudah diatur dengan baik oleh undang-undang.

“Penolakan penandatanganan itu tentu harus disertai dengan catatan-catatan di berita acara apa yang jadi alasan keberatan. Selanjutnya berita acara itu sah, resmi dan legalitas formal terpenuhi,” paparnya.

BACA JUGA: Ikatan Pelajar NU Tolak Upaya People Power

Karena itu, Johnny menegaskan bahwa penolakan dari beberapa peserta itu bukan berarti membatalkan penetapan rekapitulasi hasil Pemilu 2019. “Jadi tidak berarti kalau ada penolakan lalu hasilnya ditolak. UU sudah mengatur begitu, dan ini hasil pembahasan bersama-sama,” ujarnya.

Wakil Ketua TKN Jokowi – Kiai Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily bersyukur akan hasil yang telah diraih pasangan capres nomor urut 01 tersebut. Dia menegaskan bahwa ini merupakan kemenangan rakyat.

“Alhamdulillah. Tentu kemenangan pasangan Jokowi - Kiai Ma’ruf ini merupakan kemenangan rakyat. Rakyat telah menentukan pilihannya untuk mempercayakan memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/5).

Ace mengatakan, hasil rekapitulasi KPU itu tidak jauh berbeda sesuai dengan hitung cepat dan rekapitulasi real count yang mereka miliki.

“Terima kasih rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan Jokowi - Kiai Ma’ruf. Insyaallah, pasangan Jokowi – Kiai Ma’ruf akan bekerja sungguh-sungguh memenuhi janji sesuai dengan nawacita jilid kedua,” paparnya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rekapitulasi Pilpres 2019 Rampung, Jokowi Menang Atas Prabowo


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler