Selamat Ultah Ke-65 Buat Kodam XIV/Hasanuddin, Makin Dekat di Hati Rakyat

Kamis, 02 Juni 2022 – 11:53 WIB
Suasana peringatan HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin dipimpin Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad (kiri) di Lapangan Hasanuddin, Makodam Hasanuddin, Makassar, Rabu (2/6/2022). Antara/ Suriani Mappong

jpnn.com, MAKASSAR - Kodam XIV/Hasanuddin berulang tahun pada Selasa 1 Juni 2022. 

Selama 65 tahun, Kodam XIV/Hasanuddin telah banyak memberikan pengabdian kepada masyarakat, dan menorehkan prestasi membanggakan. 

BACA JUGA: Menjalankan Arahan Luhut Binsar, Jenderal Dudung Langsung Bergerak ke Pasar

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi atas dedikasi Kodam XIV/Hasanuddin selama 65 tahun untuk bangsa dan negara. 

Kodam XIV/Hasanuddin makin dekat di hati rakyat. 

BACA JUGA: Jenderal Andika Mempersilakan Singapura Mengikuti Garuda Shield

“Sepanjang 65 tahun, Kodam Hasanuddin melakukan berbagai kegiatan baik tugas menjalankan keamanan dalam dan luar negeri maupun membantu masyarakat di lapangan," kata Andi Sudirman menanggapi peringatan HUT Ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar, Rabu (2/6).

Peringatan tersebut ditandai dengan seremoni upacara oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad bersama jajaran Forkopimda Sulsel di lapangan Hasanuddin, Makodam.

BACA JUGA: Ukir Prestasi, Prajurit TNI Dapat Rumah dari Pangdam Hasanuddin

Andi Sudirman mengatakan pada usia ke-65 tahun, Kodam Hasanuddin sudah menorehkan banyak prestasi dan pengabdian dalam menjalankan fungsi pengamanan maupun fungsi sosial di kalangan masyarakat.

Kondisi tersebut sangat terasa pada saat terjadi bencana alam, kejadian luar biasa (KLB) dan pembangunan sarana dan prasarana di lokasi terpencil, terdepan dan terluar di suatu daerah, yang mana prajurit TNI selalu menjadi garda terdepan.

Semua perjalanan itu menjadikan Kodam XIV/Hasanuddin lebih dekat dengan masyarakat, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

Kerja sama prajurit, dukungan masyarakat, dan sinergi dengan berbagai kalangan telah mengantarkan Kodam XIV/Hasanuddin sukses menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Tema HUT Ke-65, “Kodam XIV/Hasanuddin di Hati Rakyat", juga diungkapkan sebuah penegasan dari janji dan tekad untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia. 

Suasana peringatan HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin di Lapangan Hasanuddin, Makodam Hasanuddin, Makassar, Rabu (2/6/2022). Antara/ Suriani Mappong

Apabila memutar rekam jejak pengabdian Kodam XIV/Hasanuddin, khususnya satu tahun terakhir ini, akan tampak visualisasi pengabdian prajurit bersama-sama dengan rakyat dalam melanjutkan pembangunan bangsa Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

Dalam bidang pengamanan satuan, Kodam XIV/Hasanuddin telah melakukan berbagai upaya di antaranya mencegah dan membentengi institusi TNI AD dari peredaran narkoba yang ditempuh dengan melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). 

Sementara di bidang operasi, Kodam XIV/Hasanuddin secara rutin mengirim satuannya ke daerah operasi baik misi penugasan dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam misi penugasan operasi luar negeri, khusus 2020 sampai 2021, Kodam XIV/Hasanuddin telah mengirim Yonif 726/Tamalate bergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-N United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) untuk mengembang misi perdamaian di Lebanon.

Pada tahun yang sama, Kodam XIV/Hasanuddin memberangkatkan Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti untuk mengemban misi tugas operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) mobile di wilayah Papua.

Selain pengiriman satuannya ke daerah operasi, Kodam XIV/Hasanuddin juga aktif melaksanakan Bakti TNI, baik dalam bentuk Karya Bakti maupun Operasi Bakti.

Selama kurun waktu 2021 sampai 2022, kegiatan Bakti TNI yang telah dilakukan, antara lain, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), yang mana sampai dengan Minggu I Juni 2022 ini telah berlangsung pelaksanaan TMMD ke-113. 

"Program TMMD ke-113 ini di jajaran Kodam XIV/Hsn dilaksanakan secara terpadu melalui proses perencanaan secara integral dan komprehensif dengan sistem ‘bottom up planning' atau perencanaan dari bawah," kata Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad. 

Untuk kegiatan sosial, lanjut dia, Kodam XIV/Hasanuddin turut membantu membangunkan rumah layak huni bagi warga miskin, memfasilitasi operasi dan pemulihan kesehatan bagi pasien yang kurang mampu dan sebagainya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler