Selamatkan Pemuda Indonesia dari Korupsi

Minggu, 28 Oktober 2012 – 00:43 WIB
JAKARTA - Menjelang Hari Sumpah Pemuda, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) mengingatkan bangsa Indonesia untuk menjauhkan generasi muda dari tindak pidana korupsi. Pasalnya, saat ini sejumlah kasus korupsi belakangan ini justru banyak melibatkan orang-orang muda yang seharusnya berprestasi dan berkarya.

"Salah satunya yang menurut kita perlu direvitalisasi dalam semangat Sumpah Pemuda adalah bagaimana menyelamatkan generasi muda dari budaya korupsi, banyak tokoh-tokoh muda sekarang terlibat dalam penyalahgunaan wewenangan, dan korupsi," ujar Presiden LIRA Jusuf Rizal usai Pembacaan Maklumat Sinergi Pemuda Indonesia dan Gong Gerakan Selamatkan Pemuda dari Budaya KKN di Graha Lira, Jakarta, Sabtu (27/10) malam.

Oleh karena itu, menurut Jusuf langkah radikal penting untuk dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda bangsa. Langkah radikal yang dimaksud adalah dengan memiskinkan koruptor dan menerapkan hukuman mati bagi para koruptor di Indonesia. Hal ini, kata dia, menimbulkan efek jera dan membuat generasi muda berpikir panjang, sebelum tergoda melakukan korupsi.

"Ormas, civil society, mahasiswa harus ambil bagian dari perjuangan untuk membuat bangsa ini memiliki pemerintahan yang bersih dan jujur," tegasnya.

Dalam menyambut Sumpah Pemuda Minggu (28/10) LIRA akan melakukan aksi damai selamatkan pemuda dari korupsi di Bundaran HI Jakarta Pusat. Sementara malam ini, organisasi tersebut melakukan renungan malam bersama organisasi mahasiswa dan pemuda dari beberapa wilayah, seperti dari Tangerang, Jawa Barat, dan Jakarta. (flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemuda Terseret Jalan Pintas Uber Kekuasaan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler