Seorang pengusaha restoran asal Canberra, yang terkenal, divonis hukuman penjara hampir 5 tahun karena terbukti menyelundupkan narkoba jenis kokain dalam sejumlah botol lilin mobil, ke Australia.

John Phillip Harrington terbukti bersalah karena berupaya memiliki dan menyelundupkan obat-obatan terlarang dalam jumlah yang tidak sedikit.

BACA JUGA: Anak 12 Tahun Yang Alami Sindroma Down Galang Dana Hingga Ribuan Dolar

Pengadilan mengungkap, pada tahun 2011, John dan seorang pria lainnya pergi ke Amerika Serikat dengan uang tunai lebih dari 40 ribu dolar untuk membeli narkoba.

BACA JUGA: Menteri Australia Ingin Desak Putin Soal MH17 Jika Bertemu di G20

Kokain dikirimkan dalam salah satu dari 5 botol lilin mobil, dengan polisi menyita seperempat kilogram kokain murni.

Narkoba itu ditemukan di Sydney oleh polisi, dan botol berisi kokain tersebut diganti sebelum barang itu dikirim ke Canberra.

BACA JUGA: Australia Diminta Ikuti Langkah AS dan China Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

John, mantan pemilik ‘Charlie Black’s Brasserie’ di Manuka, mengungkapkan, ia telah mengacaukan bisnis restorannya yang sukses, hanya dengan mempertahankan kebiasaan buruk yang menelan biaya 600-1200 dolar per hari.

Ia mengatakan, ia seringkali membuang obat-obatan terlarang itu untuk mengingatkan dirinya sendiri dan untuk mengesankan para perempuan muda.

Dalam persidangan terungkap, ia akan mendapat komisi 15% dari aksi penyelundupan ini, untuk konsumsi pribadinya.

Namun Hakim John Burns menemukan fakta, John Harrington terlibat dalam penyelundupan ini demi mengejar keuntungan, bukan hanya untuk meladeni kebiasaan buruknya.

Ia juga menyampaikan fakta bahwa kondisi John yang tengah menderita kanker, tak akan mengurangi vonis yang dijatuhkan untuknya.

John baru bisa mengajukan pembebasan bersyarat pada tahun 2016.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kakek 76 Tahun Dipenjara Karena Ladang Ganja Rp 100 M

Berita Terkait