Semarakkan PKJ 2021, BPTD Wilayah XIII Sulut Gelar Lomba Hingga Semiloka

Sabtu, 23 Oktober 2021 – 20:57 WIB
Puncak acara dan penutupan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) di Provinsi Sulawesi Utara 2021, Sabtu (23/10). Foto: Dokumentasi Kemenhub.

jpnn.com, MANADO - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara menggelar puncak acara dan penutupan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) di Provinsi Sulawesi Utara 2021, Sabtu (23/10).

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal menyampaikan acara tersebut diselenggarakan bertujuan meningkatkan peran serta seluruh pengguna jalan, sekaligus sebagai tindak lanjut dari UU 22/2009 tentang LLAJ dan PP 37/2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas.

BACA JUGA: Kemenhub Pastikan Kesiapan Bandara Ngurah Rai Buka Penerbangan Internasional

"Acara PKJ ini dilaksanakan agar dapat tercipta suatu komunikasi antarseluruh stakeholders, baik pemerintah maupun influencer untuk menyatukan persepsi dan pemahaman arti pentingnya Keselamatan Jalan," kata Risal Wasal dalam sambutannya di Ballroom Hotel Four Points Manado.

Risal juga mengajak agar semua pihak dapat saling bersinergi untuk menyebarkan virus-virus keselamatan demi membangun lalu lintas yang tertib, aman, dan berkeselamatan.

BACA JUGA: Pesawat Citilink Mendarat Secara Darurat, Kemenhub Lakukan Investigasi

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara Renhard Ronald menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama membantu dalam mengedukasi dan menyosialisasikan untuk menyuarakan aksi keselamatan jalan, khususnya yang ada di wilayah tersebut.

Andy Parulian selaku ketua panitia PKJ 2021 melaporkan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan sejak September atau bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional.

BACA JUGA: Helikopter Terguling di Bandara Sugiarto Curug, Kemenhub: Pilot, Co-Pilot dan Teknisi Selamat

Mulai dari lomba mural dengan tema "Stop ODOL Untuk Keselamatan Trans Jalan diselenggarakan 9-15 September di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Wangurer.

Selain juga dilaksanakan lomba video durasi pendek yang bertemakan "Mari Jo Torang Jadi Pelopor Keselamatan Jalan" pada 11-20 September.

Panitia juga menyelenggarakan semiloka penguji kendaraan bermotor se-Provinsi Sulawesi Utara yang berlangsung di Hotel Villa Emitta, Tomohon, 18-19 September.

Sosialisasi ODOL bagi pengemudi Truk dilaksanakan 21-23 September di UPPKB Wangurer dan UPPKB Inobonto.

"Kami juga melaksanakan webinar keselamatan jalan bagi pelajar dan mahasiswa dengan tema "Teman Sejati" pada 9 Oktober di Terminal Tipe A Tangkoko," kata Renhard melalui laporannya.

Terakhir, juga dilaksanakan semiloka perizinan angkutan umum dan sistem manajemen keselamatan bagi operator angkutan umum pada 22 Oktober di Hotel Four Points Manado.

"Pada acara puncak, seluruh pengguna jalan dari berbagai lapisan masyarakat berkumpul untuk berbincang santai atau kalau orang Manado bilang Bacarita," jelasnya.

Dia berharap melalui acara yang bertujuan menumbuhkan dan membangun kesadaran pengguna jalan di Provinsi Sulut ini dapat tercipta suatu kondisi Tetap Aman, Selamat di Jalan dan Hati-hati atau disingkat TEMAN SEJATI.

Turut hadir Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulawesi Utara Kompol Roy Tambayong, para kepala dinas perhubungan kabupaten/kota se-Sulut, dan para tamu undangan pemenang lomba PKJ 2021. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler