Semen Padang Keluhkan TC Timnas

Terlalu Panjang, Beratkan Klub

Sabtu, 15 September 2012 – 08:37 WIB
Titus Bonai. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
JAKARTA-Dipanggilnya beberapa pemain ke Timnas memang menjadi sebuah kebanggaan bagi klub. Namun, terlalu lama melepaskan pemain berlatih di timnas, ternyata juga dikeluhkan oleh klub. Salah satunya adalah Semen Padang.

CEO Semen Padang Erizal Anwar menjelaskan bahwa sedang berusaha untuk mengumpulkan semua pemain anyar Semen Padang. Tapi, itu belum bisa terpenuhi  karena ada banyak pemainnya yang sekarang tergabung di pemusatan latihan (training centre/TC) Timnas.

"Kami ingin ada waktu libur di timnas. Jadi pemain-pemain kami bisa berkumpul satu tim penuh," katanya saat dihubungi oleh Jawa Pos, kemarin (14/9).

Wajar saja Semen Padang mengeluh. Sebab, mayoritas pemainnya saat ini berada di Timnas. Total ada Sembilan pemain yang saat ini dipanggil oleh Timnas senior asuhan Nilmaizar. Itu karena pemain dari klub Indonesia Premier League (IPL) lainnya yang berkualitas jumlahnya minim.

Menurut Erizal, latihan bersama dengan pemain dalam satu klub sangat penting agar pemain-pemainnya bisa menyatu. Apalagi, mereka akan melakukan persiapan untuk kompetisi musim depan dengan target mempertahankan gelar juara IPL.

"Kami dari Senin (10/9) sudah latihan bersama. Tapi, itu masih belum lengkap karena tidak semua bisa berkumpul. Katanya Oktober ada libur latihan, kami akan manfaatkan itu untuk berkumpul semua," tuturnya.

Meski banyak pemain yang di timnas, Erizal menyebut tidak semua pemainnya menjadi pilihan utama di timnas. Untuk itu, dia berharap agar PSSI mengizinkan pemain-pemain yang hanya sebagai pemain cadangan bisa dikembalikan ke tim, untuk melakukan persiapan kompetisi.

"PSSI jangan ditahan terus pemain. Kalau mereka hanya cadangan, kan lebih baik dilepas dulu ke klub. Klub juga butuh pemain-pemain itu," cetus Erizal.
Karena sikap PSSI yang ngotot dan enggan mengizinkan pemain kembali ke klub, Erizal pun menyiapkan rencana cadangan. Jika memang sudah mentok, Kabau Sirah, julukan Semen padang, akan mengalah dan memilih terbang melakoni persiapan di Jakarta.

Tujuannya, agar pemain-pemain Semen Padang yang ada di timnas juga bisa bergabung. Bahkan, bisa jadi timnya akan melakoni latihan bersama dengan timnas selama beberapa pekan. Dengan begitu, kebutuhan timnas tak menganggu persiapan klubnya juga.

"Kami sebenarnya dilema. Satu sisi timnas butuh pemain kami, di satu sisi kami juga harus persiapan. PSSI juga setidaknya bisa mempertimbangkan kondisi ini," tandasnya.

Sementara itu, penanggung jawab timnas Bernhard Limbong saat dikonfirmasi mengaku sulit untuk melepaskan pemain. Alasannya, timnas butuh persiapan panjang agar bisa berbicara banyak dalam ajang Piala AFF 2012.

 "Karena kompetisi kemarin tidak bejalan dengan semestinya, kami menjadi sulit untuk mendapatkan pemain-pemain timnas terbaik. Dengan segala permohonan maaf saya kepada klub, mau tidak mau harus kami lakukan (penahanan pemain di Pelatnas)," tuturnya.

 Itu karena Limbong menganggap pemain-pemain yang ada di timnas saat ini kebanyakan adalah pemain-pemain baru yang minim akan pengalaman bermain di timnas. Alhasil mereka harus digembleng lebih panjang dan mengorbankan klub demi negara. (aam/ko)

Pemain Semen Padang di Timnas Senior:

Hengky Ardiles, WahyuWijiastanto, Novan Setya, Hendra Adi Bayauw, M. Nur Iskandar, Jajang Paliama, Yosua Pahabol,  Elie Aiboy, Titus Bonai.
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pesilat Bali dan Jatim Unggul di Partai Ganda

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler