Semifinal EURO 2020: 5 Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Inggris Lawan Denmark

Kamis, 08 Juli 2021 – 11:14 WIB
Para Pemain Timnas Inggris merayakan kelolosannya ke final EURO 2020. Foto: Twitter @EURO2020

jpnn.com, LONDON - Inggris akhirnya sukses melaju ke final EURO 2020 usai mengalahkan Denmark di semifinal dengan keunggulan tipis 2-1.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7) dini hari WIB, Tim Dinamit -julukan Timnas Denmark- mampu unggul lebih dulu berkat gol tendangan bebas Mikkel Damsgaard pada menit ke-30.

BACA JUGA: Inggris vs Denmark: Dua Alasan Mengapa Penalti yang Didapat The Three Lions Dianggap Kontroversial

Skuad asuhan Gareth Southgate berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi bunuh diri kapten Demark Simon Kjaer di menit 39'.

Berniat menghalau bola umpan Bukayo Saka yang mengarah ke Raheem Sterling di dalam kotak penalti, sapuan bola yang dilakukan bek AC Milan ini justru masuk ke gawangnya sendiri.

BACA JUGA: Harry Kane Jadi Pemain Terbaik Usai Bikin Tim Dinamit Tak Bisa Meledak

Inggris akhirnya menggenapkan keunggulan menjadi 2-1 usai Harry Kane mencetak gol di babak tambahan waktu, tepatnya di menit 104'.

Kemenangan ini membawa The Three Lions -julukan Timnas Inggris- melangkah ke final, dan sudah ditunggu Italia yang di laga sebelumnya mengalahkan Spanyol via adu penalti

Dengan catatan tersebut, mari kita simak sejumlah fakta menarik dari laga Inggris vs Denmark. Berikut diantaranya:

5. Mikkel Damsgaard Mencetak Gol Tendangan Bebas Pertama di EURO 2020

Kehilangan Christian Eriksen sepertinya jadi pelecut bagi Denmark untuk bisa berprestasi di turnamen ini. Setelah kalah di dua laga awal fase grup, Tim Dinamit bangkit di pertandingan berikutnya dengan mengalahkan Rusia 4-1.

Hal itu membuat anak asuh Kasper Hjulmand lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik. Mereka jadi negara pertama dalam sejarah EURO yang lolos ke fase gugur setelah tak mampu mendapat poin di dua pertandingan pertamanya.

Denmark kembali melanjutkan catatan impresifnya saat bertemu Inggris di semifinal EURO 2020. Mikkel Damsgaard membuka keunggulan bagi timnya lewat tendangan bebasnya yang tak mampu diamankan kiper Jordan Pickford.

Menurut Opta, itu jadi gol tendangan bebas pertama selama gelaran EURO musim ini.

4. Kali Pertama Inggris Mendapat Keuntungan Lewat Gol Bunuh Diri dalam Sejarah Piala Eropa

Setelah Denmark membuka keunggulan lewat tendangan bebas Mikkel Damsgaard, Inggris sanggup menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Simon Kjaer.

Itu menandai gol bunuh diri ke-sebelas sepanjang gelaran EURO 2020, dan pertama kalinya The Three Lions mendapat keuntungan dari own goal dalam sejarah Piala Eropa.

3. EURO 2020 Jadi Turnamen dengan Babak Tambahan Waktu Terbanyak dalam Sejarah Euro

Laga Inggris vs Denmark adalah pertandingan kedua semifinal yang harus berlanjut hingga babak extra time. Sebelumnya, pertandingan babak empat besar antara Italia vs Spanyol juga harus melalui perpanjangan waktu.

Jika ditotal, telah terjadi tujuh pertandingan yang harus merasakan babak tambahan waktu sepanjang EURO 2020.

Hanya laga di Piala Dunia 1990 dan 2014 yang memiliki lebih banyak pertandingan melalui extra time dengan delapan pertandingan.

2. Harry Kane Jadi Pencetak Gol Terbanyak Inggris di Turnamen besar

Setelah gagal mencetak gol di babak grup, Harry Kane bangkit di fase gugur dengan torehan empat gol dalam tiga pertandingan.

Striker Tottenham Hotspur itu membuka rekening golnya saat mengalahkan Jerman 2-0 berkat aksinya pada menit 86'. Kane kemudian mencetak dua gol saat melawan Ukraina (4-0).

Kapten Inggris tersebut kembali catatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang Denmark di menit ke-104.

Gol tersebut sekaligus membuatnya sejajar dengan Garry Lineker sebagai pencetak gol terbanyak Inggris di turnamen besar dengan sepuluh gol.

1. Inggris Mencapai Final EURO Pertama Mereka

The Three Lions memang tak bisa mempertahankan rekor clean sheet mereka saat melawan Denmark usai gawang Jordan Pickford dijebol Mikkel Damsgaard.

Namun, Inggris menunjukan penampilan yang luar biasa untuk mengantar mereka menuju final pertamanya dalam sejarah EURO.

Kali terakhir Inggris mencapai final turnamen besar terjadi saat mereka menjuarai Piala Dunia 1966.(opta/mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler