Piala AFC U-16

Semoga Timnas Indonesia U-16 Melaju ke Piala Dunia

Rabu, 15 Agustus 2018 – 05:56 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16. Foto: PSSI.org

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 ditarget tembus empat besar Piala AFC U-16 yang akan berlangsung pada September mendatang. Masuk ke semifinal.

Jika itu terealisasi, maka dipastikan Bagus Kahfi dkk bakal melaju untuk kali pertama di Piala Dunia U-17 di Peru pada 2019 mendatang.

BACA JUGA: Klub Liga 1 Tawari Bagas dan Bagus Beasiswa hingga Kuliah

Meski baru juara, persiapan untuk menuju Piala AFC U-16 sudah dimatangkan. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.

Dia menerangkan Tim Garuda Asia bakal mulai melakukan training camp jangka panjang pekan depan di Medan. ’’Full di Medan, nanti pada 10 September baru berangkat ke Kuala Lumpur,’’ ucapnya.

BACA JUGA: Persebaya Surabaya Incar 2 Bintang Timnas U-16

Nah, pemilihan Medan sendiri dimaksudkan agar Timnas U-16 bisa beradaptasi dengan cuaca. Edy mengatakan, host Piala AFC U-16 di Malaysia suhu udaranya tidak beda jauh dengan Medan. ’’Relatif sama kan kondisi udaranya, biar bisa beradaptasi dan tidak kaget,’’ jelasnya.

Secara pribadi, Edy berharap TC di Medan bisa membantu Timnas U-16 mewujudkan targetnya. Dia sangat yakin Tim U-16 bisa tembus ke Piala Dunia U-17 tahun depan. ’’Saya motivasi terus. Optimis, bagus mainnya,’’ ungkapnya.

BACA JUGA: Fakhri Husaini Beri Pujian Khusus untuk Ernando Ary

Pemilihan Medan pun akhirnya memupuskan keinginan sang pelatih Fakhri Husaini yang ingin TC jangka panjang menuju Piala AFC U-16 dilakukan di Sidoarjo. Sambutan hangat dan sudah nyaman dengan suasana Kota Udang tersebut. Apalagi, kenangan bisa juara juga jadi salah satu alasan lain Sidoarjo memberi keberuntungan kepada tim.

Edy sadar hal tersebut. Tapi, Piala AFC U-16 sudah dipastikan bakal jauh lebih berat dengan AFF U-16 yang sudah dijuarainya. Tantangannya sangat berat. Sebab, lawan-lawannya adalah negara seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, dan Tiongkok.

’’Perlu persiapan matang, lebih kompetitif. Saya berharap TC bisa membuat timnas jauh lebih sukses, mari doakan sama-sama,’’ harapnya.

Jadi juara di Piala AFF U-16 membuat beberapa pihak ingin memberikan apresiasi. Salah satunya adalah dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Rencananya, Kemenpora bakal memberikan kurang lebih Rp 1,5 Miliar untuk Timnas U-16.

BACA JUGA: Klub Liga 1 Tawari Bagas dan Bagus Beasiswa hingga Kuliah

Seperti yag dikatakan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana. Dia menjelaskan pihaknya bakal memberikan dana tersebut bukan sebagai hadiah. Melainkan untuk persiapan menuju Piala AFC U-16.

Tapi, dia mengingatkan dana itu tidak serta merta langsung cair. Ada proses yang cukup panjang sebelum dana tersebut diberikan kepada Timnas U-16. ’’PSSI bisa mengajukan proposal terkait permintaan dana Rp 1,5 Miliar itu,’’ paparnya. (rid)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Indonesia U-16 Juara, Kutukan Thailand Berlanjut


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler