Sempat Dijarah, Ribuan Artefak Kuno Dipulangkan ke Afghanistan

Minggu, 05 Agustus 2012 – 22:26 WIB
KABUL — Ribuan artefak bernilai sejarah yang dijarah semasa perang saudara dekade 1990-an silam dari museum-museum di Afghanistan dikembalikan ke negeri para Mullah tersebut. Seperti dilansir kantor berita BBC, Minggu (5/8) dalam sebuah perayaan di Museum Nasional Afghanistan, Minggu, benda-benda bersejarah dari masa lalu tersebut dikembalikan ke musium.

Salah satu diantaranya adalah patung Budha berusia sekitar 1800 tahun yang dijara dari sebuah musium di Kabul. Dalam pelariannya payung tersebut diselamatkan oleh kolektor di Jepang dan kini dipulangkan kembali. Selain itu sebuah ukiran Budha berbahan dasar gading gajah juga dikembalikan. Ukiran tersebut ditaksir berusia 4 ribu tahun.

Aneka patung dan ukiran bercorak Budha ini merupakan bukti bahwa pengaruh agama yang dibawa Siddarta Gautama ini pernah mewarnai perjalanan sejarah Afghanistan di masa lalu.

The British Museum di London turut membantu pemulangan benda-benda cagar budaya ini. Dari Inggris Mentri Pertahanan Inggris dalam penerbangan untuk mengangkut benda-benda bernilai sejarah tinggi ini. Pesawat pengangkut tersebut mendarat di pangkalan militer  di Camp Bastion.

Para arkeolog Afghanistan kini sedikit lega dengan kembalinya benda-benda bersejarah tersebut. Pasalnya  dua pertiga dari koleksi Musium Nasional di Kabul pernah dijarah dan dirusak selama berlangsungnya perang saudara tersebut. (zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Krisis Pangan Ancam Asia-Afrika

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler