Sempurna di Silverstone, Hamilton Sejajar dengan Alain Prost dan Jim Clark

Minggu, 16 Juli 2017 – 22:32 WIB
Lewis Hamilton. Foto: Crash

jpnn.com, SILVERSTONE - Driver Mercedes, Lewis Hamilton menyamai rekor Alain Prost dan Jim Clark dalam hal kemenangan di Sirkuit Silverstone. Itu setelah Hamilton berhasil menang di GP Inggris, Minggu (16/7) malam WIB.

Kini Hamilton mencatatkan lima kemenangan dalam balapan di Silverstone. Sama dengan jumlah kemenangan yang diraih Prost dan Clark. Prost, pembalap asal Prancis, melakukannya pada 1983, 1985, 1989, 1990, dan 1993. Sedangkan Clark (Inggris) melakukannya pada 1962, 1963, 1964, 1965, dan 1967.

BACA JUGA: Raikkonen Kuasai Latihan Bebas Kedua GP Kanada

Hamilton sendiri meraih lima kemenangan di GP Inggris secara luar biasa. Empat di antaranya dilakukan secara beruntun dalam empat musim balap terakhir. Ya, Hamilton begitu dominan dalam balapan di Inggris sejak 2014 dengan selalu juara hingga musim ini (2014, 2015, 2016, 2017). Satu kemenangan diraih pada 2008.

Dalam balapan kali ini, Hamilton dominan dari awal sampai akhir. Start dari pole position, Hamilton tak pernah kehilangan posisi pertama. Tampil di rumah sendiri membuat Hamilton terlihat sangat nyaman.

BACA JUGA: Cek Klasemen Sementara F1 Setelah GP Monaco

Balapan sendiri sempat dihiasi dengan turunnya safety car. Itu setelah adanya insiden antara dua mobil Toro Rosso. Daniil Kvyat dan Carlos Sainz terlibat senggolan saat balapan baru berjalan satu putaran. Insiden senggolan itu berimbas pada Kevin Magnussen (Haas) setelah mobilnya disenggol Sainz dari belakang.

Akibat insiden itu, Sainz harus terhenti dan tak bisa melanjutkan balapan. Sedangkan Kvyat dan Magnussen beruntung masih bisa melanjutkan balapan.

BACA JUGA: Finis Pertama di GP Monaco, Vettel Akhiri Puasa Ferrari Sejak 2001

Sebenarnya balapan sudah harus dilakukan pengulangan formation lap setelah mobil Renault yang dikemudikan Jolyon Palmer bermasalah. Palmer sendiri gagal mengikuti balapan.

Balapan kali ini juga menjadi momen gemilang bagi Mercedes. Maklum saja, mereka mampu finis 1-2 setelah Valtteri Bottas mampu naik podium kedua. Keberhasilan Bottas finis di posisi kedua tak lepas dari nasib buruk yang dialami Ferrari di Silverstone kali ini.

Nasib buruk Ferrari sudah muncul sejak awal balapan. Asap sempat terlihat keluar dari bagian belakang mobil Sebastian Vettel saat melakukan start. Hal itu membuat dia kehilangan posisi lantaran mampu diambil alih Max Verstappen. Seperti diketahui, Vettel sebenarnya start dari posisi ketiga di belakang Hamilton dan Kimi Raikkonen.

Memasuki separuh putaran, balapan sempat normal. Vettel mampu kembali ke posisi ketiga, sedangkan Raikkonen tetap kedua. Hamilton masih memimpin. Tapi, masalah ban membuat Vettel gagal mempertahankan posisinya. Bottas mampu melewatinya dan menempati posisi ketiga.

Nasib buruk memang benar-benar tengah membayangi Ferrari. Saat tinggal menyisakan dua putaran, ban mobil Raikkonen mengalami kebocoran. Dia terpaksa melakukan pit stop tambahan. Akibatnya, posisinya pun diambil alih Bottas. Raikkonen tergusur ke posisi ketiga. Itu sampai akhir balapan.

Bagaimana dengan Vettel? Ternyata hal sama dialami pembalap asal Jerman itu. Posisi keempat yang nyaris didapatkan Vettel menjadi hilang. Dia harus tergusur ke posisi ke-7 sampai akhir balapan. Sedangkan posisi ke-4 menjadi milik Verstappen. Sedangkan ke-5 dan ke-6 diraih Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg. Nasib buruk Ferrari menjadi berkah bagi Mercedes. Dua pembalapnya mampu finis 1-2 di GP Inggris kali ini. (epr/jpg)


Hasil GP Inggris 2017

Foto: AFP

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes 51 laps
2. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes +14.0
3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari - Ferrari +36.5

4. Max Verstappen NED Red Bull - TAG +52.1
5. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - TAG +1m 05.9
6. Nico Hulkenberg GER Renault - Renault +1m 08.1s
7. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +1m 33.9s
8. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1 lap
9. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
10. Felipe Massa BRA Williams - Mercedes +1 lap
11. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1 lap
12. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +1 lap
13. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap
14. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +1 lap
15. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault +1 lap
16. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +1 lap
17. Pascal Wehrlein GER Sauber - Ferrari +1 lap

Did not finished
18. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda 32 laps completed
19. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault 1 lap completed
20. Jolyon Palmer GBR Renault - Renault 0 laps completed

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lihat Nih, Rio Haryanto Jajal Bintan Thriatlon 2017


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Lewis Hamilton   F1  

Terpopuler