Senator Jihan Nurlela Ajak Pengurus IKAPPI Wujudkan Pasar Bebas dari Covid-19

Kamis, 11 Februari 2021 – 23:33 WIB
Senator asal Lampung Jihan Nurlela saat melakukan pelantikan terhadap Jajaran Pengurus DPD Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Kabupaten Lampung Tengah di Cafe Ghassani, Bandar Jaya, Lampung Tengah, Kamis pagi (11/02/2021). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, LAMPUNG TENGAH - Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Lampung Jihan Nurlela berharap pengurus dan pedagang yang tergabung dalam Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) dapat mewujudkan pasar yang bebas dari covid-19. Salah satunya adalah mendukung pelaksanaan vaksinasi covid yang dalam waktu dekat akan dilakukan pemerintah.

“Salah satu ikhtiar pemerintah dalam menangani Covid-19 yang sedang melanda negara kita tercinta ini adalah dengan menggalakkan program vaksinasi Covid-19,” kata Jihan saat melakukan pelantikan terhadap Jajaran Pengurus DPD Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Kabupaten Lampung Tengah.

BACA JUGA: Hebat! Rumput Laut Samarinda Tembus Pasar Korea, LaNyalla: Harus Dikembangkan

Menurut Jihan, untuk menjalankan program vaksinasi dengan baik, butuh kerja sama dari berbagai elemen. Dengan menurunnya angka Covid - 19, kita wujudkan pasar menjadi lokasi yang aman dari penularan.

“Kita wujudkan pasar sebagai tempat yang aman, agar ekonomi kembali bergeliat,” Ujarnya, saat melakukan pelantikan terhadap Jajaran Pengurus DPD Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Kabupaten Lampung Tengah.

BACA JUGA: Kapolda Bersama Pangdam Jaya Langsung Turun Tangan ke Pasar Tradisional

Pelantikan pengurus organisasi yang fokus mengadvokasi permasalahan di pasar ini, berlangsung di Cafe Ghassani, Bandar Jaya, Lampung Tengah, Kamis pagi (11/02/2021).

Senator cantik ini juga tetap konsisten dalam menyampaikan betapa pentingnya pelaksanaan dari program Vaksinasi Covid – 19.

BACA JUGA: Ingat! Penguatan 3M dan 3T jadi Kunci Tekan Angka Covid-19

Dia menganjurkan agar keluarga besar IKAPPI siap hadir dalam suksesi program vaksinasi tersebut.

Lebih lanjut, Ketua DPW IKAPPI Provinsi Lampung, dr. Jihan Nurlela dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada 25 orang pengurus yang telah dilantik, agar senantiasa berkomitmen dalam menghidupkan organisasi dan memberikan kontribusi nyata pada kemajuan pasar menuju ke arah yang lebih baik.

“Formasi kepengurusan DPD IKAPPI Lampung Tengah ini beragam, mulai dari para praktisi dan pegiat pasar, perwakilan lawyer, perwakilan pemerintah, dan unsur dari masyarakat sipil.

Dengan sumber daya manusia yang memadai tersebut, dia mengharapkan kolaborasi dari setiap unsurnya agar selain menghidupkan organisasi untuk terus aktif, juga tentunya senantiasa mengakomodir permasalahan-permasalahan di pasar termasuk tetap berjalan beriringan dengan para pedagangnya.

Ia juga beharap agar para pengurus turut aktif menjaring kemitraan dengan dinas – dinas terkait.

“Dalam kerja-kerja organisasi IKAPPI ini, tentunya kita tidak bisa berjalan sendirian. Maka dari itu, saya juga berharap agar para pengurus tetap menjalin silaturahim dan kemitraan dengan semua dinas yang terkait, membangun sinergitas dan turut hadir serta bekerja sama dalam menyukseskan program-program pemerintah yang berkaitan dengan pasar,” paparnya.

Dalam pelantikan ini, turut hadir Sekertaris Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Tengah, M Husnan Tamrin mengucapkan selamat serta mengapresiasi adanya IKAPPI di wilayah kerja kedinasannya ini.

Dia berharap keberadaan IKAPPI dapat menjaga eksistensi pasar tradisional sebagai ujung tombak perekonomian daerah.

“Saya menyimak apa yang disampaikan Bu Jihan, dan saya setuju bahwa pasar tradisional adalah ujung tombak perekonomian, yang di masa pandemi ini, perekonomian kita terus mengalami penurunan dari masa sebelumnya,” katanya.

Namun demikian, meski dengan kondisi seperti ini, pasar tetap menunjukan perannya. Salah satu buktinya terletak pada PAD kami yang ditargetkan dari pengelolaan pasar di wilayah Lampung Tengah, yang menunjukkan tidak mengalami penurunan yang signifikan di masa pandemi ini. Dari PAD Tahun 2021 tercapai 2,1 Milyar dari target 1,8 Milyar,” paparnya.

Husnan Tamrin selanjutnya berharap agar di masa mendatang, IKAPPI dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah, khususnya Dinas Perdagangan untuk mewujudkan pasar tradisional yang lebih representatif.

“Kiranya Pemda khususnya dinas perdagangan bersama IKAPPI dapat bersinergi untuk sama-sama menciptakan pasar tradisional yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan, sehingga layak disebut sebagai pasar tradisional yang representativ.

IKAPPI punya manajemen pengelolaan, kita menyediakan sarana dan prasarana untuk memfasilitasinya. Hal seperti ini kedepan yang ingin saya wujudkan bersama - sama,” ujar Tamrin.(jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler