Sepak Bola Putri Tokyo 2020: Akhirnya Amerika Serikat Bawa Pulang Medali

Kamis, 05 Agustus 2021 – 19:40 WIB
Dua pemain senior tim sepak bola putri Amerika Serikat, Carli Lloyd (10) dan Megan Rapinoe (15) merayakan gol saat laga perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Foto: (REUTERS/Edgar Su)

jpnn.com, TOKYO - Amerika Serikat berhasil memenangi duel perebutan medali perunggu cabang olahraga sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020 usai mengatasi perlawanan Australia.

Bermain di Ibaraki Kashima Stadium, Kamis (5/8) WIB, AS menang dengan skor 4-3 atas Negeri Kangguru itu.

BACA JUGA: Usai Rebut Emas, Atlet Amerika Serikat Ini Dedikasikan Kemenangan untuk Sang Kakek

Gol kemenangan Amerika Serikat berasal dari dua pemain senior mereka, Megan Rapinoe di menit 8' dan 21' serta Carli Lloyd (45+1' dan 51').

Sementara tiga gol hiburan Australia pada laga ini dicetak oleh Samantha Kerr di menit 17', Caitlin Foord (54') dan Emily Gielnik di masa perpanjangan waktu babak kedua.

BACA JUGA: Gagal di Olimpiade Tokyo, Megan Rapinoe Kepikiran Pensiun

Pada pertandingan ini tim putri Amerika Serikat tampil menekan sejak menit awal. Bermaterikan pemain-pemain yang menjadi juara di Piala Dunia Wanita 2019, AS berhasil menguasai 51 persen penguasaan bola berbanding 49 persen milik Australia.

Amerika unggul lebih dahulu pada menit ke-8 melalui striker gaek berusia 36 tahun, Megan Rapinoe, melalui skema tendangan sepak pojok yang langsung mengarah ke gawang kiper Australia, Teagan Micah.

Australia yang tersentak dengan gol cepat Amerika kemudian keluar menyerang untuk mencari gol penyeimbang. Lewat serangan balik yang dirancang, Australia berhasil mecetak gol penyeimbang melalui Samantha Kerr pada menit ke-17.

Usai skor imbang 1-1 kedua tim saling menyerang satu sama lain. Australia di laga ini hampir saja unggul andai tendangan Kerr tidak ditepis kiper Amerika, Adrianna Franch.

Australia yang keasyikan menyerang melupakaan pertahanan mereka. Alih-alih mencetak gol, pasukan Tony Gustavsson malah kebobolan di menit ke-21 melalui gol kedua Megan Rapinoe.

Striker berambut warna ungu itu mendapat bola muntah hasil kesalahan pemain belakang Australia dalam membuang bola.

Menjelang turun minum, AS sedikit menjauh usai Carli Lloyd mencetak gol memanfaatkan umpan Lindsay Horan. Amerika berhasil unggul 3-1 pada babak pertama.

Masuk babak kedua, anak asuh Vlatko Andonovski tidak mengendurkan serangan. Terbukti, mereka kembali mencetak gol di menit 51' melalui Carli Lloyd.

Lepas dari pengawalan dua bek Australia, Lloyd berhasil melesatkan tendangan saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan, Teagan Micah.

Tertinggal 1-4, Australia kemudian tampil menyerang mencari gol untuk memperkecil kedudukan.

Asa untuk Australia sempat hadir saat Caitlin Foord berhasil membuat gol di menit ke-54 yang membuat laga berkedudukan 2-4 untuk keunggulan Amerika Serikat.

AS yang sudah unggul jauh mulai mengendurkan serangannya dan fokus mempertahankan keunggulan. Australia yang tidak ingin pulang dengan tangan hampa kemudian menggempur pertahanan Amerika.

Bahkan, Australia sempat mencetak gol kembali dalam injury time babak kedua melalui Emily Gielnik hingga skor berubah menjai 3-4 masih untuk keunggulan AS.

Ternyata gol dari Gielnik itu menjadi gol terakhir yang terjadi di partai ini. Alhasil, Amerika berhak membawa pulang medali perunggu cabang olahraga sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020.

Medali ini bisa jadi pelipur lara Amerika Serikat yang gagal lolos ke partai final usai dikalahkan Kanada 0-1 di babak semifinal.

Kanada sendiri melaju ke partai final dan bakal menantang Swedia yang pada partai empat besar menyingkirkan Australia dengan skor tipis 1-0.

Laga final Swedia melawan Kanada rencananya akan digelar di Olympic Stadium, Jumat (6/8) WIB. (olympic/mcr16/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler