Sepanjang 2023, Laznas BMH Berhasil Mengumpulkan ZakatRp 291 Miliar

Rabu, 06 Maret 2024 – 14:43 WIB
Public Expose BMH bertema "Bahagia dengan Berbagi", di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah Jalan Cipinang Cempedak I Polonia, Jakarta Timur, Selasa (5/3). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp 291 miliar sepanjang tahun 2023.

Perolehan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat sekaligus juga dukungan pemerintah kepada BMH yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan keummatan.

BACA JUGA: Laznas BMH: Ramadan Raih Pahala Terbaik

"Alhamdulillah, ini menunjukkan kepercayaan masyarakat dan pemerintah yang tinggi kepada BMH," kata Direktur Utama BMH Supendi dalam Public Expose BMH bertema "Bahagia dengan Berbagi", di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah Jalan Cipinang Cempedak I Polonia, Jakarta Timur, Selasa (5/3). 

Supendi menambahkan BMH selama ini aktif terlibat dalam berbagai program kemanusiaan, termasuk penanggulangan bencana banjir di Demak dan Grobogan. BMH juga menyalurkan berbagai bantuan untuk masyarakat Palestina.

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Kitabisa Hadirkan Fitur Muslim Daily, Ada Notifikasi Azan & Bayar Zakat

"Acara ini juga menjadi momen istimewa yang mempersembahkan titik puncak kebaikan dalam siklus satu tahun Ramadan," lanjutnya.

Sekretaris Pengurus Laznas BMH, Dede Heri Bachtiar, turut menjelaskan raihan Laznas BMH yang berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp 291 miliar. Hal itu menjadi indikasi besarnya komitmen BMH dalam berbagi kebaikan. 

BACA JUGA: AKBP Asep Sujarwadi Dinobatkan Sebagai Tokoh Publik Pendukung Zakat

"Juga upaya membantu mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Sementara, Rizaluddin Kurniawan Pimpinan BAZNAS bidang Pengumpulan Zakat mengapresiasi kegiatan public expose BMH dan juga capaian yang diraih selama ini. BAZNAS juga berharap berbagai capaian BMH akan makin meningkat ke depannya.

"Kami tadi mendengar program-program yang luar biasa dari capaian Rp 291 miliar ini sampai terserap 84% dan itu adalah sangat bagus. Laporan kepada BAZNAS bagus juga, sehingga kemarin BAZNAS menganugerahkan BMH sebagai lembaga zakat nasional," tutur Rizaluddin.

BAZNAS juga berpesan agar alokasi untuk pemberdayaan dan kesejahteraan umat bisa lebih besar misalnya berfokus untuk pemberdayaan ekonomi, beasiswa, juga peningkatan kualitas SDM masyarakat di Indonesia. BMH juga diminta mendorong sosialisasi dan publikasinya. 

"Karena sekarang masyarakat perlu tahu apa kerja organisasi pengelola zakat. Juga dampak zakat seperti apa, karena itu sebagai bentuk pertanggungjawaban ke masyarakat," ujarnya.

Selain perwakilan BAZNAS, kegiatan public expose ini juga dihadiri oleh jajaran DPP Hidayatullah, direksi BMH, Asisten Deputi PAUD Dasar dan Menengah, Jazziray Hartoyo.

Hadir juga Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Prof Waryono, Penulis dan Influencer Maman Suherman, serta sejumlah mitra kebaikan BMH, para dai serta guru-guru Rumah Qur’an binaan BMH. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Laznas BMH   BMH   Zakat   Baznas  

Terpopuler