Seperti ini Cara Iko Uwais Turunkan Kolesterol Tinggi

Minggu, 01 Oktober 2017 – 04:04 WIB
Iko Uwais. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Aktor laga Iko Uwais, rupanya memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi.

Hal itu karena kebiasaan makannya yang sembarangan.

BACA JUGA: So Sweet, Ini Rayuan Iko Uwais untuk Sang Istri

Suami Audy Item itu menyebutkan, pada pemeriksaan kesehatan yang baru-baru ini dijalaninya, Iko memiliki kadar kolesterol mencapai 275mg/dl.

Padahal merujuk rekomendasi dari National Heart, Lung, and Blood Institute, nilai normal kolesterol total pada orang dewasa adalah kurang dari 200mg/dl.

BACA JUGA: Keren! Iko Uwais Bakal Main Film bareng Mark Wahlberg

Lalu apa yang dilakukan Iko untuk memerangi kolesterol tingginya tersebut?

“Saya mengubah pola makan saya, dan yang saya rasakan adalah perubahan yang sangat positif,” kata Iko saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Kembali jadi Bahan Cibiran, Audy Item Makin Banjir Dukungan

Selama ini, Iko kerap merasakan sinyal dan rasa sakit di sekitar kepala bagian belakang. Rasa sakit tersebut benar-benar terasa saat dirinya bangun tidur pagi hari.

Meski dikenal sebagai seorang aktor yang memiliki aktivitas fisik tinggi, Iko baru mulai melakukan jenis olahraga lain yaitu kardio.

Selain untuk mengontrol kolesterol, kardio dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Menurut Iko, kolesterol tidak dilihat dari bobot seseorang, melainkan dari pola makan yang dijalaninya.

“Meskipun tubuh terlihat bugar dan sehat, tapi kita enggak tahu bagaimana kesehatan organ di dalam tubuh,” kata pemeran film The Raid itu.

Iko mengubah pola makan dengan tidak mengonsumsi nasi sama sekali. Sebagai gantinya, dia mendapatkan asupan karbohidrat dari jenis makanan yang juga mengandung serat seperti ubi, singkong, dan nasi merah.

Selain itu, selama dua bulan, Iko hanya mengonsumsi ayam bakar dan buncis, tanpa tambahan bahan lain, termasuk kecap dan garam.

Namun begitu, Iko mengaku masih sesekali ‘nakal’ dalam urusan makan. Dalam beberapa kesempatan, dia sangat ingin menikmati makanan kesukaannya.

“Saya nge-cheat (curang) sih, nge-cheat saja. Tapi enggak berlebih. Paling makan satu sampai dua suap, yang penting sudah ngerasain di lidah,” katanya.(BA/RVS/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Trailer Beyond Skyline Ekspos Prambanan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler