Sepertinya Itu Bukan Kim Jong-un Asli, Ayo Cermati Perbandingan Fotonya

Rabu, 06 Mei 2020 – 23:35 WIB
Kolase foto dari Kim Jong-un yang diyakini asli dan palsu. Foto: Twitter/jenniferatntd

jpnn.com - Kemunculan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pada acara seremoni penyelesaian proyek pabrik pupuk di Suncheon, Jumat lalu (1/5) menyisakan pertanyaan. Ada pihak curiga yang muncul bukanlah Jong-un asli.

Foto-foto Jong-un yang dirilis kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) milik pemerintah Korut justru menimbulkan pertanyaan. Sebab, terdapat sejumlah perbedaan mencolok jika foto-foto di pabrik pupuk itu dibandingkan dengan potret Jong-un sebelumnya.

BACA JUGA: Lihat, Kim Jong-un Muncul di Pabrik Pupuk dan Tampak Sehat Banget

Aktivis hak asasi manusia (HAM) kelahiran Tiongkok yang kini bermukim di Amerika Serikat (AS) Jennifer Zeng termasuk yang punya kecurigaan soal itu. “Apakah Kim Jong-un yang muncul pada 1 Mei itu asli?” ujar Jennifer melalui akunnya di Twitter.

Jennifer juga mengunggah sejumlah foto Jong-un untuk mengajak pengikutnya di Twitter membuat komparasi. Ada perbedaan pada bentuk gigi, telinga dan rambut.

BACA JUGA: Lihat, Ada Keanehan di Tangan Kanan Kim Jong-un

BACA JUGA: Bisa Jadi Kim Jong-un Sengaja Memalsukan Kematiannya, Ini Tujuannya

Dugaan tentang sosok mirip Jong-un sengaja ditampilkan di publik bukan hal mengagetkan. Sebelumnya para analis menyebut cara itu merupakan siasat yang biasa dilakukan Korut sebagai negeri tertutup.

Pada 2017, The SUN pernah merilis video Jong-un sedang berbicara dengan dua orang yang mirip dengan cucu pendiri Korut Kim Il-sung itu. Sosok yang mirip Jong-un itu mengenakan pakaian yang sama.

Ukuran tubuh ‘Jong-un palsu’ itu juga mirip dengan yang asli. Model potongan rambutnya pun serupa.

Mantan anggota Parlemen Inggris Louise Mensch termasuk yang percaya bahwa foto yang baru ini dirilis bukan dari Jong-un asli. “Ini bukan orang yang sama,” tuturnya.

Penulis yang juga podcaster Akilah Hughes menduga ada warga Korut dioperasi plastik sehingga mirip Jong-un. “Jika saya diktator pembunuh, saya akan memilik klona,” ujar Akilah dalam twitnya.(nypost/ara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler