Sepertinya Pak SBY Mau Tempuh Berbagai Cara demi Mas AHY

Jumat, 13 Juli 2018 – 15:37 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono mencium tangan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diprediksi bakal mengerahkan segala daya dan upaya untuk mengorbitkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon presiden (capres) ataupun calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2019. Menurut pengamat komunikasi politik Ari Junaedi, Presiden Keenam RI itu tentu pengin meneruskan dinasti politiknya dengan menyiapkan putra mahkota.

"Saya kira SBY bakal melakukan berbagai cara, menciptakan beberapa opsi di Pilpres 2019," ujar Ari kepada JPNN, Jumat (13/7).

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Kubu Jokowi Sering Rayu Prabowo Jadi Cawapres

Pengajar di Universitas Indonesia itu lantas membeberkan beberapa opsi yang kemungkinan ditempuh SBY, termasuk mendekati kubu Joko Widodo (Jokowi). "Opsi lain, tentu saja dengan menggandeng Prabowo Subianto," ucapnya.

Jika kedua opsi itu gagal, tak tertutup kemungkinan bagi SBY dengan partainya memotori munculnya poros ketiga. Hanya saja, peluang pembentukan poros ketiga lebih berat dari dua opsi sebelumnya.

BACA JUGA: Temui Sekjen PDIP, Agus Hermanto Bawa Misi dari Pak SBY

Ari memaparkan, saat ini sudah ada enam partai yang berada di kubu pendukung Jokowi. Sedangkan dua partai lainnya, yaitu Gerindra dan PKS kemungkinan bakal berkoalisi jika Prabowo mau menggandeng kader partai pimpinan M Sohibul Iman itu sebagai cawapres.

Adapun Partai Amanat Nasional (PAN), kata Ari, masih belum menentukan opsi. Namun, bisa saja jika PD aktif melobi maka PAN pun akan tertarik dan PKB yang berada di kubu Jokowi memilih bergabung dengan poros ketiga.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Cuma Sampaikan Aspirasi, Golkar Bantah Desak Jokowi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Tak Mungkin Menolak Anies - AHY


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler