Serangan Portugal Bertumpu pada Ronaldo

Rabu, 27 Juni 2012 – 10:37 WIB
Cristiano Ronaldo. Foto: Getty Images

PERFORMA (Bintang 3)
Penguasaan bola : 46 %
Gol/kemasukan: 6/4
Menang/seri/kalah: 3/0/1
Passing sukses : 78%
Duel udara  : 56%

Pelatih Portugal Paulo Bento masih akan menggunakan pola, formasi, dan sistem permainan yang sama dengan empat laga terakhir di Euro 2012. Skema 4-3-3 tidak akan berubah. Absennya striker Helder Postiga akan digantikan penyerang yang kualitasnya tak jauh berbeda, yakni Hugo Almeida. Dengan pola itu, Portugal memang tidak berniat untuk melakukan inisiatif penyerangan. Sama dengan saat laga melawan Jerman dan Belanda, Portugal tetap menunggu bola di belakang dan melakukan serangan cepat berbahaya jika ada kesempatan.   

PERTAHANAN (Bintang 3)
Tembakan dari lawan : 9
Intercept : 13
Penyelamatan gawang : 2
Tekling:15
Pelanggaran per game: 14

Portugal adalah tim dengan rata-rata persentase kemenangan duel udara terbanyak dari kontestan mana pun di Euro 2012. Namun, melawan Spanyol, statistik itu tidak akan signifikan. Portugal justru diprediksi sulit menghadapi barisan gelandang Spanyol. Sampai sejauh ini, Portugal sudah kebobolan empat gol dalam empat pertandingan. Jumlah itu terlalu banyak. Duet Pepe dan Bruno Alves dipaksa bekerja keras dini hari nanti. Bek sayapJo"o Pereira dan F"bio Coentr"o akan sulit membantu penyerangan.

SERANGAN (Bintang 4)
Tembakan gawang :  6
Tembakan melenceng : 12
Corner kicks: 35
Terkena offside : 2
Pelanggaran dari lawan : 14

Portugal masih akan bertumpu kepada megabintang sekaligus kapten tim Cristiano Ronaldo. Sejauh ini 34 persen pola serangan Portugal berasal dari sisi kiri, tempat beroperasinya Ronaldo. Nani di sebelah kanan juga akan diandalkan. Namun, kalau tiga pivot player lebih berkonsentrasi pertahanan, hal tersebut akan membuat serangan Portugal seret. Ronaldo dan Nani diperkirakan sulit mendapatkan bola dan dipaksa bermain lebih ke belakang. Counter attack menjadi satu-satunya opsi serangan Portugal. Tidak ada yang lain. (nur/c8/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tes Doping Ganggu Jadwal Penerbangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler