Serie A, Kompetisi Paling Sadis

Rabu, 09 November 2011 – 08:02 WIB

FLORENCE - Serie A Liga Italia pantas disebut sebagai kompetisi paling sadis dalam memperlakukan pelatihSudah enam pelatih dipecat hingga pekan kesepuluh

BACA JUGA: Irfan Bisa Main Lagi

Korban paling akhir adalah pelatih Fiorentina asal Serbia Sinisa Mihajlovic.

Ya, Mihajlovic dipecat kemarin (8/11) setelah sebelumnya Fiorentina kalah 0-1 dari Chievo Verona (6/11)
Alasannya, Mihajlovic gagal menjaga performa Fiorentina

BACA JUGA: Tuntut PSSI Patuhi Statuta

Mereka terpuruk di posisi ke-13 dengan 12 angka dari tiga kemenangan, tiga seri, dan empat kekalahan.

Bukan hanya soal performa, hubungan Mihajlovic dengan pendukung Fiorentina juga memburuk
Itu tidak lepas dari kecaman Mihajlovic kepada tifosi Fiorentina yang dianggap tidak memberikan dukungan dengan terus mencerca para pemain Fiorentina.

Corriere Fiorentino melaporkan, melalui survey yang dilakukan di situs tifosi Fiorentina, Fiorentina.it, dari sebanyak 10 ribu yang melakukan voting, yang setuju Mihajlovic dipecat sebesar 94 persen

BACA JUGA: Bobotoh Sambut Gembira Turnamen Pramusim

Dia benar-benar kehilangan dukungan.

Makanya, sulit bagi petinggi La Viola, julukan Fiorentina, untuk terus memberikan dukungan kepadanyaKeputusan pahit pun terpaksa diambilDia dipecat dan posisinya sebagai pelatih akan digantikan mantan tactician Lazio dan Palermo Delio Rossi.

Berakhir sudah kebersamaan Miha selama 16 bulan di FiorentinaDia punya rekor 18 kemenangan, 18 seri, dan 16 kekalahan, pada semua ajang di kala melatih FiorentinaMusim lalu, dia hanya mampu mengantar Fiorentina finis di posisi kesembilan.

"Fiorentina mengumumkan pergantian pelatih utamaKami berterima kasih kepada Sinisa Mihajlovic atas profesionalismenyaYang menjadi penggantinya Delio Rossi dengan kontrak hingga 30 Juni 2013," begitu keterangan di situs resmi klub, seperti dikutip Gazzetta dello Sport.

Sayang, Rossi juga bukan pengganti yang hebatBenar bila dia pernah membawa Lazio menjuarai Coppa Italia pada 2008-2009, tapi selain prestasi itu, dia tidak bersinarMusim lalu, dia sempat dipecat Palermo kemudian dia direkrut lagi dan mundur pada akhir musim.

Beruntung bagi Rossi karena dia punya waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan tim sebelum pertandingan berikutnya melawan AC Milan pada 19 November nantiPenyebabnya, kompetisi sedang jeda karena pertandingan internasional.

Bagi Mihajlovic, ini adalah kali kedua dia dipecat dari jabatan sebagai pelatihSebelumnya, dia pernah dipecat ketika melatih Palermo pada 2009 laluKemudian, saat melatih Catania, dia yang memutuskan mengundurkan diri.

Terlepas dari prospek Fiorentina di era Rossi, pemecatan Mihajlovic mempertegas Serie A sebagai kompetisi elite Eropa yang paling sadis dalam memperlakukan pelatihSudah enam pelatih yang dipecat dari jabatannya di musim ini.

Ketika masih pramusim, sudah dua pelatih yang terlempar dari jabatan mereka karena performa buruk di laga uji cobaMereka adalah Roberto Donadoni (Cagliari) dan Stefano Pioli (Palermo)Kemudian, disusul Gian Piero Gasperini (Inter Milan), Pierpaolo Bisoli (Bologna), dan Marco Giampaolo (Cesena).

Bandingkan dengan Liga Primera Spanyol yang baru terjadi satu pergantian, karena Michael Laudrup mundur dari Real Mallorca karena ribut dengan petinggi klubBundesliga Jerman yang mengalami dua pergantian, satu pecat dan satu mundur.

Bahkan, Premier League yang dianggap sebagai kompetisi paling elite di dunia sekarang, belum ada satu pun manajernya yang dipecatKemudian, Ligue 1 Prancis juga mengalami hal yang samaBelum ada pelatihnya yang dipecat di tengah jalan(ham)


Pemecatan Pelatih di Serie A Musim Ini

Klub             Pelatih                       Tanggal    Pengga nti                  Posisi
Cagliari        Roberto Donadoni     12/08/11    Massimo Ficadenti    Pramusim
Palermo       Stefano Pioli              31/08/11    Devis Mangia            Pramusim
Inter Milan   Gian Piero Gasperini  21/09/11    Claudio Ranieri         18
Bologna      Pierpaolo Bisoli           04/10/11    Stefano Pioli             20
Cesena       Marco Giampaolo       30/10/11    Daniele Arrigoni       20
Fiorentina    Sini'a Mihajlovi"          07/11/11    Delio Rossi               13

BACA ARTIKEL LAINNYA... Syamsir - Johan Juansyah Terpental


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler