Sermatutar Always Giving Meraih Adhi Makayasa, Putra Juru Parkir

Jumat, 25 Juni 2021 – 09:37 WIB
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menganugerahkan gelar Adhi Makayasa kepada Sermatutar (P) Always Giving Hamonangan Tiris, S.Tr (Han) pada upacara penutupan pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana AAL Angkatan ke-66 di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (23/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menobatkan Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris sebagai peraih penghargaan Adhi Makayasa, pada penutupan pendidikan taruna Akademi TNI AL angkatan 66 tahun 2021 di Surabaya.

Always Giving Hamonangan Tiris merupakan putra Alex Tiris, juru parkir di kota Jayapura.

BACA JUGA: Panglima Kembali Mutasi dan Promosi Jabatan 104 Perwira Tinggi TNI, TNI AD Catat Rekor

Istri Alex, Darmawaty Panjaitan, berjualan minuman. Keduanya tampak bahagia dan haru atas prestasi yang diraih putranya.

Meski dalam hal pendapatan ekonomi keluarganya dalam keseharian masih sangat terbatas, sosok Alex Tiris dan Darmawaty Panjaitan tetap giat melakukan pekerjaan keseharian demi masa depan kehidupan anak-anaknya.

BACA JUGA: Eksekutor Pembunuhan Wartawan di Simalungun Ternyata Oknum TNI

Dalam hal mendidik kelima anaknya, Alex Tiris senantiasa menanamkan kedisiplinan, menjaga kesehatan, kerja keras, menghindari minuman keras dan berdoa kepada Tuhan.

Alhasil, dari penanaman sikap disiplin dilakukan Alex Tiris bersama istrinya, dua dari lima anaknya yakni Letda (Mar) Aldrey Benhur Tiris dan Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris saat ini telah mengabdi sebagai perwira TNI Angkatan Laut.

BACA JUGA: Habib Rizieq Dikawal Barracuda Brimob, Suasana Tegang, Ada yang Membawa Anak Panah

Alex Tiris dan istri Darmawaty Panjaitan, yang merupakan orang tua peraih Adhi Makayasa Always Giving Hamonangan Tiris, bersama Danlantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskial Katiandagho. Foto: ANTARA News Papua/Laksa Mahendra

"Saya sangat gembira dan senang anak ketiga telah menyelesaikan taruna Akademi Angkatan Laut 2021 dan bisa mendapat penghargaan Adhi Makayasa," ujar Alex Tiris bersama istri Dermawaty Pandjaitan saat berbicara dengan wartawan di Mako Pangkalan Utama Angkatan Laut X Jayapura, Kamis (24/6).

Kesuksesan Always meraih Adhi Makayasa tidak saja menjadi kebanggaan keluarga. Namun juga dirasakan lingkungan tempat tinggalnya di Jayapura, lembaga pendidikan sekolah tempat menuntut ilmu anaknya ketika berada di Jayapura.

Alex berharap, anaknya yang telah selesai pendidikan perwira TNI AL dan dinyatakan meraih bintang Adhi Makayasa dapat menjadi contoh bagi keluarga lainnya.

Alex Tiris menambahkan, Always bisa diterima dan lulus Akademi Angkatan laut karena binaan bimbingan langsung dari Lantamal X Jayapura serta termotivasi dengan keberhasilan kakaknya Letda (Mar) Aldres Benhur Tiris yang kini telah mengabdi sebagai perwira TNI AL di satuan Marinir Kota Sorong, Koarmada III Papua Barat.

Pasangan Alex Tiris dan Dermawaty Panjaitan dikarunia lima anak, di antaranya Joel Tiris, Letda (Mar) Aldrey Benhur Tiris, Always Giving Hamonangan Tiris, Alvito Mora Hebron Tiris, dan si bungsu Aira Princes Zibrael Tiris.

Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris lair di Kota Jayapura 15 Maret 1999 dan lulusan SMA Negeri 5 Angkasa Jayapura Utara Kota Jayapura tahun 2017.

Komandan Pangkalan Utama X Angkatan Laut Jayapura Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho mengakui, merupakan anugerah besar bagi keluarga Alex Tiris dan istrinya Darmawaty Panjaitan karena putranya bisa masuk taruna TNI Angkatan Laut.

Keberhasilan ini, menurut Danlantamal Laksma Yeheskiel, telah membuktikan pembinaan TNI Angkatan Laut Lantamal X betul-betul ada dan bermanfaat bagi masyarakat di Papua.

"Pihak TNI Angkatan Laut memberikan kesempatan bagi putra putri asli Papua yang ingin mengabdi menjadi prajurit TNI Angkatan Laut,"ungkap Danlantamal X Jayapura Laksma Yeheskiel saat menerima orang tua penerima Adhi Makayasa di Lantamal X, Kamis.

Laksma Yeheskiel berharap, keberhasilan lulusan Jayapura meraih penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik pendidikan terbaik taruna Akademi Angkatan Laut dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi pemuda lain Papua karena dapat berprestasi dalam pendidikan perwira.

"Saya ikut bangga karena hasil binaan Lantamal X bisa meraih lulus terbaik dalam pendidikan taruna Akademi Angkatan Laut angkatan 66 tahun 2021," ungkap Danlantamal X Jayapura.

Laksma Yehekiel berharap, kedua orang tua lulusan terbaik taruna Akademi Angkatan Laut Alex Tiris dan Darmawaty Panjaitan dapat hadir bersamanya pada saat pelantikan Prasetya Perwira TNI dan Polri yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Jakarta dalam waktu dekat.

Penghargaan Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian, yaitu Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang).

Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek, akademis, jasmani, dan kepribadian (mental) selama menempuh pendidikan di Akademi Militer dan Akpol. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler