Sertijab 7 Kapolda dan Jenderal Bintang 3, Kapolri Perintahkan Jajaran Utamakan Agenda Jokowi

Jumat, 31 Maret 2023 – 15:59 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sekaligus Korps Rapot kepada sejumlah perwira tinggi (pati) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/3). Ilustrasi Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sekaligus Korps Rapot kepada sejumlah perwira tinggi (pati) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/3).

Pada kesempatan itu, Kapolri menitipkan pesan kepada sejumlah pati, utamanya memprioritaskan agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Kapolri Pimpin Sertijab, Puluhan Jenderal Resmi Naik Pangkat

Asisten SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan dalam Sertijab itu terdapat tiga pati yang mendapat tugas di luar instansi Korps Bhayangkara.

Pertama ialah Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Suntana akan ditugaskan menjadi wakil kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komjen Nana Sudjana sebagai Sekretaris Jenderal DPR RI, dan Irjen Rudy Sufahriadi selaku Sekertaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional.

BACA JUGA: Karyoto Keluar dari KPK, Firli Sampaikan Terima Kasih kepada Kapolri

“Kemudian tadi ada beberapa pejabat utama yang serah terima di antaranya Pak Irwasum, Pak Kabaintelkam, Asisten SDM, Pak Kadiv Humas, dan beberapa kapolda,” kata Dedi.

Eks Kadiv Humas Polri itu menerangkan terdapat enam kapolda yang menjalani sertijab oleh Kapolri. Mereka ialah Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho, Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus, dan Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika.

BACA JUGA: 5 Kapolda Dirotasi, Siapa Saja Jenderal yang Diganti Kapolri?

Kemudian, Kapolda Gorontalo Irjen Angesta Romano Yoyol, Kapolda Kalbar Irjen Pipit Rismanto, dan Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso.

“Kemudian dari pati bintang satu ke bintang dua ada beberapa pejabat, kemudian dari kombes ke pati bintang satu tadi dilantik,” kata dia.

Dedi juga menerangkan ada beberapa pati yang memang sudah mendapatkan promosi dan mutasi melalui surat telegram Kapolri, tetapi upacara sertijabnya belum dilaksanakan.

“Pati yang belum naik pangkat akan diproses,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Dedi juga menyampaikan arahan Kapolri kepada pati yang baru dilantik itu.

Pertama, seluruh pejabat utama Mabes Polri termasuk para kapolda harus mampu menjabarkan dan mengimplementasikan apa yang menjadi arahan Presiden Jokowi pada saat Rapim TNI-Polri.

“Antara lain mengawal investasi, kemudian juga memantau untuk inflasi, kemudian memantau pertumbuhan ekonomi baik makro maupun mikro secara detail. Kemudian melakukan penindakan secara tegas kepada yang ilegal-ilegal,” kata Dedi. (Tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolri Promosikan Fadil Imran Jadi Bintang 3, Kapolda Metro Diisi Pentolan KPK


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler