Setelah 30 Jam, Ketapang-Gilimanuk Kembali Beroperasi

Rabu, 29 Maret 2017 – 16:54 WIB
Pelabuhan Ketapang. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, BANYUWANGI - Jasa pelayaran di Selat Bali akhirnya kembali beroperasi setelah disetop sementara selama kurang lebih 30 jam untuk menghormati peringatan Hari Raya Nyepi di Bali.

Pemberangkatan pertama di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk mulai dilakukan sejak pagi tadi, yakni pukul 05.00 Wita atau pukul 04.00 WIB.

BACA JUGA: Wuihh...Sehari Dikunjungi 1.000 Wisatawan

Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin sore, selama pelabuhan ditutup tidak terjadi penumpukan yang berarti, baik penumpang maupun kendaraan, di dalam pelabuhan.

Hanya ada beberapa saf truk dan bus yang terlihat mengantre paling depan untuk menunggu jadwal dibukanya pelabuhan pagi tadi.

BACA JUGA: Hari Raya Nyepi, Puncak Tetap Ramai

Empat kantong parkir yang disediakan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat pelabuhan ditutup siang hingga sore kemarin juga kosong melompong.

Tampaknya, para pengendara motor maupun sopir sudah hafal dengan momen Nyepi seperti ini.

BACA JUGA: Libur Panjang, Patroli Jalan Terus

Mungkin para sopir lebih baik menunggu di rumah dan tidak berangkat kerja daripada harus antre di sekitar pelabuhan.

Jika pada siang suasana pelabuhan kosong melompong, hal itu berbanding terbalik saat malam.

Kendaraan kecil, truk, maupun sepeda motor mulai banyak yang mengalir menuju Pelabuhan Ketapang untuk menuju Pulau Bali.

Para pengendara datang lebih awal ke pelabuhan agar terhindar dari macet yang bisa saja terjadi jelang dibukanya pelabuhan.

Sementara itu, menjelang dibukanya Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk kemarin, petugas gabungan TNI-Polri dan instansi lain juga masih siaga di dalam maupun luar pelabuhan.

Khusus personel Sabhara dan Satlantas Polres Banyuwangi, mereka siaga penuh di depan pintu masuk pelabuhan untuk memeriksa surat maupun isi kendaraan yang memilih mengantre di dalam pelabuhan saat jalur pelayaran masih ditutup kemarin.

Meski pelabuhan dibuka kembali sejak saat ini, 404 petugas gabungan tetap siaga hingga Jumat (31/3).

Tujuannya, keamanan dan kelancaran lalu lintas di jalan menuju Pelabuhan Ketapang setelah ditutup benar-benar kondusif dan tidak terjadi masalah.

''Pasukan dan kendaraan tetap siaga untuk membantu kelancaran lalu lintas dari Bali ke Jawa atau sebaliknya,'' ujar Wakapolres Banyuwangi Kompol Muhammad Yusuf Usman. (tfs/aif/c22/diq/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 12 Maskapai Tak Beroperasi Hari Ini


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler