Setelah Ditinggalkan Jokowi, Hujan Deras Melanda Balikpapan, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Rabu, 16 Maret 2022 – 14:48 WIB
Detik-detik Tim Basarnas di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mengevakuasi warga dari rumah yang tertimpa tembok akibat derasnya air. Foto : Basarnas Kaltimtara

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggalkan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (15/3) kemarin, Kota Minyak itu pun pada malam harinya dilanda hujan deras.

Hujan deras melanda Balikpapan pada Selasa malam hingga Rabu (16/3) pagi tadi. Akibatnya, banjir melanda sejumlah titik permukiman Kota Minyak itu.

BACA JUGA: Puja-puji Marc Marquez kepada Presiden Jokowi, Begini Kalimatnya

Dari informasi yang dihimpun, banjir terjadi di kawasan Jalan MT Haryono, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara. Lokasi ini menjadi salah satu permukiman dengan imbas terparah.

Di titik ini, air terpantau merendam rumah warga hingga 2 meter. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan sudah lakukan evakuasi warga sejak Rabu dini hari tadi.

BACA JUGA: Ini Nama Pembalap MotoGP yang Diundang dan Dilepas Parade oleh Jokowi

"Sejak Selasa malam tadi Balikpapan dilanda hujan deras sampai Rabu tadi pagi. Banjir terjadi di Jalan MT Haryono, di sini ketinggian air capai 2 meter," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kota Balikpapan Usman Ali dikonfirmasi JPNN.com, Rabu (16/3).

Derasnya air bahkan sampai membuat tembok pagar di salah satu rumah warga menjadi roboh. Kendati demikian, penghuni rumah dipastikan selamat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

BACA JUGA: Pamerkan Motor Andalan ke Marc Marquez Cs, Jokowi: Tidak Sekeren Milik Kalian, Tetapi..

Usman mengatakan jajarannya sudah mengevakuasi warga dari rumah mereka masing-masing. Dia menganggap ketinggian air cukup membahayakan.

"Kami prioritaskan orang sakit, lansia dan anak-anak, sebagian kami taruh di Puskesmas, sebagian kami taruh di posko sementara," lanjutnya.

Dari data yang dihimpun BPBD Kota Balikpapan, permukiman di Jalan MT Haryono menjadi lokasi terparah. "Ketinggiannya di sana mencapai 1,5 meter hingga 2 meter," terangnya.

Kendati demikian, Usman mengaku belum bisa membeberkan jumlah warga terdampak banjir, lantaran saat ini Tim BPBD masih fokus melakukan evakuasi.

"Karena kondisi air dengan cepat meninggi. Jadi, data kami belum update karena masih melakukan evakuasi warga," jelasnya.

BPBD Kota Balikpapan juga belum dapat melaporkan jumlah titik banjir dan rumah warga yang terdampak banjir secara merinci. Namun, dia memastikan ada ratusan rumah yang terendam banjir setinggi 2 meter.

"Untuk yang terdampak ada berapa belum kami hitung jumlahnya, tetapi yang jelas untuk di lokasi ini banyak rumah warga. Kendaraan dan surat-surat berharga terendam, karena tidak sempat diselamatkan," tutupnya.

Seperti diketahui juga, Presiden Jokowi meninggalkan Balikpapan dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan kemarin pagi.

Sebelumnya, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana bermalam lokasi perkemahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(mcr14/tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Parade MotoGP di Jakarta Berlangsung Meriah, Fan Garis Keras Sambut Marc Marquez Cs


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Arditya Abdul Aziz, Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Balikpapan   Jokowi   banjir   Hujan Deras   IKN   Kaltim  

Terpopuler