Setiap Keluarga Miliki Senjata Api Rakitan

Kamis, 28 Februari 2013 – 10:23 WIB
MUSI RAWAS - Peredaran senjata api rakitan (senpira) disinyalir banyak terjadi di Kecamatan Nibung, Mura. Senpira ini dipasok dari home industry di daerah perbatasan Desa Pauh, Kecamatan Rawas Ilir dengan Jambi.

“Hampir setiap keluarga di Nibung memiliki senpira yang digunakan warga untuk menjaga diri dan tak jarang digunakan untuk tindak kejahatan,” ujar  Dandim  0406  Lubuklinggau-Mura, Letkol CZI Widyo Hartanto, Rabu (27/2).

Dikatakannya, di daerah Nibung, tingkat kejahatannya tinggi. Otomatis masyarakat di sana mempersenjatai diri, terutama pada malam hari saat ada pesta. “Kita pernah melihat di Desa Pauh, yang masuk wilayah Sorolangun Jampi, ada home industry pembuatan senjata. Di sinilah sumber peredaran senpira di Mura,” jelasnya.

Kapolres Mura, AKBP M Barly Ramdhani menjelaskan, peredaran senpira di wilayah Kabupaten Mura sudah menyebar.  “Saat ini, kemungkinan penyebaran senpira sudah banyak di tangan masyarakat.  Rata-rata pelaku kejahatan menggunakan senpira. Karenanya, saya belum bisa mengidentifikasi berapa banyak peredaran senpira,” ujarnya. (wek/ce4)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 12 Warga Rohingya Tewas Ditembak

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler