SFC Tekad Jaga Puncak Klasemen

Sabtu, 28 April 2012 – 11:02 WIB
Foto: Pemain SFC. Foto: Dok.JPNN/sumarlin

PALEMBANG-Derby Andalas(sebutan pulau Sumatera) antara Sriwijaya FC bertemu dengan PSPS memang sangat panas. Namun, tak kalah sengitnya dengan derby Andalas lainnya yang dijalani Sriwijaya. Ketika menjamu PSMS Medan pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, malam ini (live ANTV pukul 18.30 WIB).

Mengapa tidak, Sriwijaya dan PSMS merupakan salah satu tim penguasa Pulau Sumatera. Praktis, kedua tim bakal mati-matian untuk saling mengalahkan demi membuktikan diri sebagai tim terbaik di Pulau Andalas ini.

"Kemenangan menjadi harga mati bagi pemain. Kami tak boleh kehilangan poin. Terlebih, kami akan bermain di kandang sendiri. Anak-anak tak boleh lengah dan perlu konsentrasi tinggi," kata pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi.

Tensi pertandingan bakal semakin manas, lantaran kedua tim merupakan musuh bebuyutan. Apalagi, Sriwijaya dan PSMS mempunyai history panjang. Memori pada Final Liga Djarum 2007 masih segar dalam ingatan, saat Sriwijaya  berhasil keluar sebagai juara Liga setelah mengalahkan 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (10/02).

Kemudian, dilanjutkan di Turnamen Segitiga di Jakarta (11/11/11), di mana Sriwijaya juga menang 3-0. Dan terakhir, Sriwijaya mampu menahan 0-0 di leg pertama musim ini di Stadion Teladan Medan, (20/2) lalu.

Tren postif ini otomatis ingin dipertahankan Sriwijaya di pertandingan malam nanti. Sedangkan bagi kubu PSMS, berambisi untuk membalas sakit hatinya setelah beberapa kali ditumbangkan oleh Sriwijaya.

"Terlepas dari itu semua (Derby Red) kami akan tampil maksimal untuk mendapatkan tiga poin. Sebab, kami ingin menjaga posisi puncak klasemen sementara," lanjut mantan tactician SFC U-21 itu.

Ya, bila Sriwijaya tergelincir sedikit saja, bukan tidak mungkin Persipura yang terus menempel di peringkat dua mengkudetanya. Sebab, Sriwijaya dan Persipura sama-sama mengoleksi 45 poin. Hanya Sriwijaya unggul poin (42-16, 37-21), serta mempunyai tabungan satu kali pertandingan.

Sriwijaya sendiri lebih diunggulkan di pertandingan kali ini. Tim juara double winner 2007 itu dalam kondisi fullteam. Pemain yang sempat diparkir seperti Mahyadi Panggabean juga sudah siap tempur.

Absenya Nova Arianto yang izin untuk menemani istrinya melahirkan tak terlalu menjadi masalah bagi Sriwijaya. Toh, tim juara Piala Indonesia tiga kali berturut-turut itu masih mempunyai sederet defender yang tak kalah kualitasnya. Macam, Thierry Gathuessi, Jammie Coyne, dan Achmad Jufriyanto.

Sektor tengah juga tak ada masalah. Duet Lim Junsik dan Ponaryo Astaman bakal menjadi gelandang yang mematikan. Serta lini depan, Keith Kayamba Gumbs, Firman Utina dan Muhammad Ridwan yang diproyeksi untuk membantu serangan Hilton Moreira juga semakin tajam.

Kondisi itu sedikit berbeda dengan tim tamu PSMS. Tim asal Medan itu datang ke Palembang dalam kondisi tak sebenarnya. Ayam Kinantan (julukan PSMS) harus kehilangan Denny Rumba dan Wawan Widiantoro yang mengalami cedera lutut.

Pemain anyar, Shin Hyun Joon juga dinilai belum begitu nyetel dengan gaya permainan PSMS. Otomatis, mantan pemain Deltras Sidoarjo itu masih butuh adaptasi untuk semakin mematangkan permainannya.

Tak hanya itu, PSMS juga kehilangan kiper andalannya Markus Horison yang hengkang di awal putaran dua lalu. "Kalau masalah Markus Horison saya tak mau berkomentar banyak. Yang pasti, bagi kami tak ada masalah dengan tak adanya Markus. Sebab, kami tim bukan mengandalkan individu. Apalagi, kami masih mempunyai Eddy Kurnia," kata asisten pelatih PSMS, Roikino, kemarin (27/4).

Namun, meski dalam kondisi tak komplit, PSMS tetap mengusung target tinggi lawan Sriwijaya. Kemenangan menjadi target utama Ayam Kinantan. Misi itu diusung untuk memperbaiki peringkatnya yang saat ini masih bercokol di posisi ke-11 dengan 25 poin dari 21 laga. "Target kami curi poin. Sebab, persaingan di papan tengah sangat ketat. Bila ingin terhindar dari degradasi, kami harus mempu mencuri poin lawan Sriwijaya. Kalau bisa menang," pungkasnya. (gsm)


Perkiraan pemain
Sriwijaya: 4-2-3-1
Pemain: Ferry (g); Supardi, Thierry, Jammie, Mahyadi (B); Lim Junsik, Ponaryo (T); Kayamba, Firman, Ridwan (D); Hilton.
Pelatih: Kas Hartadi
Jersey: kuning-kuning

PSMS: 4-4-2
Pemain: Eddy Kurnia (g); Novi Hendrawan,Wiganda,Sasa Zecevic, Ledi Utomo (B);  Zulkarnain, Nastje Cech,Shin Hyun Joon, Anton Samba (T); Arie Supriyatna, Osas (D)
Pelatih: Suharto
Jersey: Hijau-hijau

Stadion: Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

BACA ARTIKEL LAINNYA... Budi Akui Sudah Sembuh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler