Sheva Bawa Ukraina Unggul 2-1

Selasa, 12 Juni 2012 – 03:31 WIB
Andrey Shevcenko saat mencetak gol ke gawang Swedia. Foto: Getty Images

Kyiv — Dua gol dari Andrey Shevcenko untuk sementara berhasil membawa Ukraina unggul 2-1 atas Swedia dalam laga D di stadion NSC Olimpiyskiy, Kota Kyiv, Ukraina, Selasa (12/6) dini hari. Satu gol untuk Swedia lahir dari Zlatan Ibrahimovic.

Meski mendominasi laga, Ukraina yang berkostum kuning tidak mampu melesakkan sebiji gol pun di babak pertama.   Sebenarnya bomber veteran Andrey Shevcenko dan Veronin beberapa kali mengancam jala Isaksson. Namun dewi fortuna belum memihak anak asuh Oleh Blokhin ini.

Sementara dikubu Swedia, bomber AC Milan Zlatan Ibrahimovic tercatat mempunyai dua peluang emas yakni di menit 15 dan 37. Namun sayang kiper Pyatov, masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan. Bahkan sundulan keras Ibra, masih dihalangi mistar gawang. Benar-benar peluang yang tertahan oleh dewi keberuntungan.

Memasuki babak kedua, dominasi tuan rumah mulai berkurang. Malah Swedia yang kini lebih banyak membangun serangan. Hasilnya langsung terlihat saat babak keda baru berjalan enam menit. Striker AC Milan, Ibrahimovic merubah tampilan  papan skor menjadi 0:1 untuk kemenangan Swedia di menit ke 52. Kontan ribuan pendukung utusan Skandinavia ini bersorak.

Namun demikian keunggulan tim tamu tak bertahan lama. Bomber gaek yang Andrey Shevchenko membuktikan ketajamannya dengan melepaskan tandukan yang tak mampu dijangkau Issakson di menit 55. Gol ini berasal dari umpan Andriy Yarmolenko. Skor kembali imbang menjadi 1-1.

Gol ini melecut semangat negara pecahan Uni Soviet ini. hasilnya menit 62, Sheva—sebutan untuk Shevcenko—kembali membuktikan ketajamannya. Pria 35 tahun ini mencetak gol kedua dan membuat timnya unggul 2-1 atas Swedia. Gol kali ini tak jauh beda dengan gol pertama yang berasal lewat umpan lambung yang dituntaskan Sheva dengan tandukan. 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Dalam keadaan tertinggal, Swedia berusaha mengejar. Menit ke 77, Ibra, nyaris membobol gawang Ukraina. Namun tendangan keras penggemar olahraga Taekwondo ini masih bisa ditepis Pyatop.

Dalam laga ini pelatih Erik Hamren menurunkan  formasi 4-2-3-1.  Empat juru gedor di barisan depan Swedia yakni Ibrahimovic, Larsson, Rosenberg dan Toivonen. Mereka disokong duo Kallstrom dan Elm. Di barisan belakang  ada Lustig, Mellberg, Granqvist dan Martin Olsen.

Sementara tuan rumah Ukraina menurunkan formasi klasik 4-4-2. Skuad yang diturunkan Blokhin yakni Pyatov; Husyev, Khacheridi, Mykhalik, Selin; Timoschchuk, Nazarenko, Konoplyanka; Yarmolenko; Shevchenko, Voronin. (zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalah Dari Jerman, Portugal Yakin Menang Lawan Denmark


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler