Shin Tae Yong: Semua Orang Tahu Mengapa Pemain Kami Sangat Marah

Jumat, 11 Oktober 2024 – 09:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. Foto: PSSI.

jpnn.com - JAKARTA - Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae Yong menganggap wajar para pemain asuhannya sangat marah terhadap keputusan-keputusan wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Bahrain vs Timnas Indonesia.

“Baik Indonesia dan Bahrain melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir, tetapi saya harus tetap menyebut mengenai beberapa hal memalukan terkait keputusan wasit," kata Shin dalam jumpa pers seusai pertandingan seperti dikutip dari rekaman video. "Jika AFC ingin membangun sepak bola, maka pengambilan keputusan wasit juga harus ditingkatkan,” tambah Shin.

BACA JUGA: Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jepang Kukuh di Puncak, Timnas Indonesia?

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis malam tersebut, sejumlah keputusan wasit merugikan Indonesia. 

Puncaknya ialah saat wasit Ahmed memberikan tambahan waktu enam menit, tetapi kemudian memperpanjang waktu bermain sampai menit ke-99, sehingga membuat Bahrain dapat mengemas gol penyama kedudukan untuk mengakhiri laga dengan skor 2-2.

BACA JUGA: PSSI Bakal Kirim Surat Protes Terkait Wasit Ahmed Al Kaf

Seusai pertandingan, beberapa pemain Indonesia terlihat sangat marah. Shayne Pattynama sampai harus ditenangkan staf pelatih, sedangkan Manajer Timnas Sumardji sampai diganjar kartu merah oleh wasit Ahmed.

“Jika Anda menyaksikan pertandingan ini, mungkin Anda akan paham mengapa para pemain kami sangat marah. Waktu tambahan adalah enam menit, dan itu nyatanya lebih dari enam menit. Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, Anda tahu ini akan terjadi tendangan bebas. Jadi menurut saya semua orang tahu mengapa pemain kami sangat marah,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

BACA JUGA: Ranking Timnas Indonesia Seusai Imbang Lawan Bahrain, Garuda Kembali Terbang?

Tidak lama setelah pertandingan selesai, Anggota Komite Eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Arya Sinulingga juga menyatakan bahwa PSSI tidak puas dengan kepemimpinan wasit Ahmed dan akan mengirimkan surat protes.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menghuni peringkat kelima di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler