Si Nomor 1 Dunia Mengamuk, Jepang Kehabisan Bensin, Cek Klasemen VNL 2023

Minggu, 09 Juli 2023 – 20:21 WIB
Kapten Jepang Yuki Ishikawa diadang tiga pemain Polandia. Foto: Volleyball World

jpnn.com - PASAY CITY - Polandia menghajar Jepang pada pertandingan terakhir penyisihan Volleyball Nations League atau VNL 2023 putra di Mall of Asia Arena, Pasay City, Filipina, Minggu (9/7) malam WIB.

Polska, yang per 8 Juli 2023 masih berada di urutan pertama ranking tim bola voli dunia (FIVB) itu, menaklukkan Jepang 3-0 (25-17, 25-19, 25-18).

BACA JUGA: Hasil VNL 2023: AS Dorong Juara Bertahan ke Pinggir Jurang

Jepang tampak seperti kehabisan bensin.

Sebelum kalah dari Polandia malam ini dan dari si Juara Dunia 2022 Italia kemarin, Jepang (ranking enam dunia) tak pernah kalah dalam sepuluh pertandingan penyisihan. 

BACA JUGA: Hasil VNL 2023: Jepang Akhirnya Ternoda, Juara Dunia Pelakunya

Top 10 ranking tim bola voli putra dunia per 8 Juli 2023 (FIVB).

Outside hitter Polandia kelahiran Kuba Wilfredo Leon mengamuk pada laga ini.

BACA JUGA: Hasil VNL 2023: Argentina Pukul AS, Set ke-4 Mencekam, 43-41

Pemain pemilik nomor punggung 9 itu menorehkan 16 poin (sepuluh kill, tiga blok, tiga ace).

Jepang sendiri setelah tertinggal 0-2 sudah menarik sejumlah pemain bintangnya, seperti kapten tim Yuki Ishikawa dan Yuji Nishida.

Pelatih Jepang Philippe Blain (kelahiran Prancis) bahkan tak memainkan setter utama Negeri Sakura Masahiro Sekita, menggantinya dengan Motoki Eiro.

Outside hitter andalan Jepang Ran Takahashi juga absen (sama seperti saat Jepang kalah dari Italia kemarin). Pemain yang konon mengalami cedera jari itu hanya berdiri di bench mendukung rekan-rekannya.

Belasan ribu penonton di Mall of Asia Arena yang tampaknya lebih mendukung Jepang, masih sangat heboh melihat para superstar Jepang di depan mata mereka.

Saat Ran Takahashi jadi sorotan kamera dan masuk layar lebar di stadion, fan histeris. Itu termasuk saat Ran tertangkap sedang makan pisang.


Wilfredo Leon beraksi di depan dua pemain Jepang. Foto: Volleyball World

Polandia juga tak menurunkan kapten mereka Bartosz Kurek.

Namun, bintang-bintang Polandia lainnya seperti Leon, Lukasz Kaczmarek, Aleksander Sliwka, dan Norbert Huber bermain sepenuh hati meski sejak awal penyisihan sudah berhak mengikuti 8 Besar (karena bertatus tuan rumah).

"Jepang adalah tim yang hebat dan dengan penonton sebanyak ini, cukup sulit untuk bermain melawan mereka. Namun, kami menemukan cara bersenang-senang di lapangan. Kami senang memenangi semua pertandingan di sini (Filipina)," ujar libero Polandia Pawel Zatorski kepada awak Volleyball World seusai pertandingan.

Zatorski sendiri mencetak delapan digs (salah satu bentuk pertahanan tim, yakni saat pemain menahan bola serangan dengan telapak tangan, bagian lengan, maupun bagian tubuhnya yang lain) dalam laga melawan Jepang.

Sebelum menaklukkan Jepang, Polandia juga memenangi tiga laga lainnya pada week 3 di Filipina ini, yakni melawan Slovenia (3-2), Brasil (3-1) dan Kanada (3-0).

"Kami akan pulang, latihan, dan melakoni putaran final. Kami sudah tidak sabar bermain di depan fan sendiri, karena itu sangat penting," ujar Zatorski.

Week 3 VNL 2023 putra kini menyisakan tiga pertandingan di Anaheim Amerika Serikat malam ini (Senin pagi WIB).


Jadwal sisa Week 3 VNL 2023 Putra. Volleyball World

Tiga laga di Anaheim itu masih sangat menentukan untuk posisi di klasemen.

Andai Amerika Serikat mengalahkan Bulgaria, puncak klasemen akan berpindah dari tangan Jepang ke pangkuan AS.

Posisi ke-8 atau jatah terakhir ke final round juga masih ditentukan dari laga Prancis vs Jerman. Cek klasemen di bawah ini. (vw/jpnn)

Klasemen VNL 2023 Putra (hingga Minggu, 9 Juli WIB)
volleyball world

 


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler