Siapkan Rooney Jadi Wakil Kapten

Minggu, 03 Juni 2012 – 06:06 WIB

LONDON -  Wayne Rooney harus absen dalam dua laga awal penyisihan grup Euro 2012.  Namun, itu tak mempengaruhi penilaian pelatih Roy Hodgson.  Pelatih yang menggantikan posisi Fabio Capello itu menganggap Rooney layak masuk dalam nominasi pemegang ban kapten timnas Inggris di Euro 2012.
 
Saat ini, nama Steven Gerard masih tercatat sebagai pemegang ban kapten utama di skuad timnas Inggris. Gelandang gaek Liverpool itu sudah diplot sebagai kapten sejak pertengahan Mei lalu. Nah, rencananya, Rooney bakal diplot menjadi wakil kapten.  Dia otomatis menjadi kapten jika Gerrard absen.
 
"Posisi itu (wakil kapten, Red) sekarang masih kami pertimbangkan terlebih dahulu. Dan untuk nama Wayne (Rooney) akan masuk di dalam perhitungan," ujar Hodgson seperti yang diberitakan di The Sun. Rooney belum pernah menjadi kapten sejak bergabung di timnas senior sembilan tahun silam.
 
Tapi, menurut Hodgson, di balik sikap temperamentalnya di lapangan, dia melihat Rooney memiliki jiwa kepemimpinan. Hodgson mengamatinya selama Rooney bermain bersama klubnya, Manchester United. Di mana, di klub dia mampu mengatur rekan-rekannya selama pertandingan. Sifat disiplin dan semangat juangnya yang tinggi dianggap Hodgson sudah cukup untuk menjadikan Rooney sebagai sosok calon kapten.
 
Bahkan, Hodgson dengan terang-terangan memuji sifat bomber 27 tahun ini."Saya yakin kelak dia bisa menjadi kapten timnas Inggris. Saya bangga bisa menjadi pelatihnya di timnas," sebut Hodgson dikutip dari Goal.

Hodgson boleh memuji Rooney.  Namun, jika Rooney benar-benar terpilih sebagai wakil kapten, Hodgson harus menyiapkan kapten ketiga di dua laga perdana Euro nanti. Pasalnya, Rooney tidak akan bisa memperkuat timnas Inggris saat bentrok melawan Prancis dan Swedia.
 
Pilihan nama lain untuk mengisi posisi itu juga tidak akan mudah didapatkan Hodgson. Hal ini dikarenakan stok pemain senior di skuadnya sangat minim. Apalagi setelah Inggris kemungkinan besar bakal kehilangan Frank Lampard dan Gareth Barry. Keduanya masih dibekap cedera. (ren/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Luis Figo, Komandan Generasi Emas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler