Sikap Amien Rais sebagai Tanda Demokrasi Telah Berjalan Baik

Selasa, 16 Juli 2019 – 16:24 WIB
Arsul Sani. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (Sekjen PPP) Arsul Sani menilai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mempersilakan Jokowi – KH Ma'ruf Amin ubekerja memimpin Indonesia selama periode 2019 - 2024 sudah tepat. Menurut Arsul, sebuah kompetisi pemilu harus ada akhirnya.

Dalam Undang-Undang Pemilu, kata dia, ketika KPU sudah menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih maka kompetisi itu telah berakhir.

BACA JUGA: Mendagri Tjahjo Kumolo Mengapresiasi Ucapan Amien Rais

“Jadi memang yang disampaikan Pak Amien itu memang sudah seharusnya seperti itu. Dan itu menandakan bahwa demokrasi kita berjalan dengan baik,” kata Arsul di gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7).

Arsul mengatakan, kalau elite partai tidak bersikap seperti itu, maka hal tersebut menandakan demokrasi tidak berjalan dengan baik karena kompetisi seperti tidak akhir.

BACA JUGA: Sikap Politik Amien Rais untuk Jokowi Patut Dihargai

BACA JUGA: Amien Rais Memuji Presiden Jokowi

“Bahkan di negara-negara maju pihak yang kalah selalu menyampaikan pidato confiding speech atau pidato pengakuan kekalahan,” ungkap wakil ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin itu.

BACA JUGA: Nasdem Tunggu Komentar Zulkifli Hasan, Bukan dari Amien Rais

Menurut Arsul, partai politik yang berada di luar pemerintahan tetap punya tugas mengkritik. Hanya saja, ujar Arsul, jangan sampai perubahan sikap yang dari awal keras menjadi lembut, diartikan sebagai tanda-tanda bergabung dalam pemerintahan.

BACA JUGA: Mendagri Tjahjo Kumolo Mengapresiasi Ucapan Amien Rais

“Jangan dimaknai bahwa kalau kemudian keras menjadi soft itu tanda-tanda mau masuk dalam pemerintahan, jangan begitu jugalah karena tidak mungkin semua masuk di pemerintahan. Orang seperti Pak Amin juga mengatakan demokrasi akan mati kalau semua (di pemerintahan), kalau tidak ada oposisinya,” katanya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Coming Soon! Prabowo Temui Pimpinan Partai dan Ulama


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler