Simak, Begini Cara Mudah Mencari Lowongan Kerja di BUMN

Selasa, 27 Februari 2024 – 05:58 WIB
Mencari lowongan pekerjaan di BUMN. Foto: dok LB

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini tidak mudah bagi kaum muda untuk memperoleh akses mencari lowongan kerja sehingga menjadi pengangguran.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta per Agustus 2023 lalu yang mana setara dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,32 persen dari total 147,71 angkatan kerja.

BACA JUGA: Buruan, Ada 3.000 Lowongan Kerja Tersedia di Job Fair PTC Mall Palembang

Pada masa pandemi covid-19, ketidakpastian kondisi ekonomi menjadi salah satu tantangan bagi pekerja yang kehilangan pekerjaannya, dan bagi angkatan kerja dalam mendapatkan pekerjaan.

Tak hanya bagi pencari kerja saja, tetapi juga minimnya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan pada masa-masa sulit di era pandemi covid-19 

BACA JUGA: Kabar Baik, Tersedia Puluhan Ribu Lowongan Kerja di Job Fair Nasional 2023, Yuk Buruan!

Berkembangnya era digital saat ini mempermudah apapun hanya dalam genggaman termasuk mencari lowongan pekerjaan sekalipun

Meskipun demikian, tak jarang juga banyak yang mengalihfungsikan kemudahan digital dengan perbuatan curang.

BACA JUGA: Jika BUMN Jadi Koperasi, KTNA: Sangat Merugikan Petani

Banyaknya lowongan pekerjaan online memang mempermudah dan membuat efisien tetapi juga bisa disalahgunakan atau bahkan bisa menjadi sebuah penipuan 

Seperti halnya bermain media sosial, dalam mencari lowongan pekerjaan secara online pun kita harus bijak dan benar-benar mengetahui keabsahan dan kredibilitas dari perusahaan yang sedang mencari pekerja.

Kita juga harus bijak melihat website yang menjadi wadah untuk informasi lowongan-lowongan pekerjaan tersebut

 Dewasa ini, popularitas perekrutan secara online kian meningkat, perusahaan pun sudah mulai memberdayakan internet dan media sosial untuk melakukan proses rekruitmen secara online atau yang biasa dikenal dengan istilah e-recruitment.

Tersedia banyak platform khusus untuk informasi lowongan pekerjaan. Jadi, para pekerja bisa lebih hemat waktu dan tenaga hanya dalam genggaman saja.

Selain itu, calon pekerja bisa langsung dicek secara real time terkait informasi lowongan tersebut, sehingga bisa terhindar dan meminimalisir penipuan lowongan pekerjaan 

Jika menilik dari fenomena ketertarikan soal pekerjaan, tak bisa dipungkiri bahwa minat bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih tetap menjadi primadona di setiap lowongan pekerjaan.

Mengapa demikian? Karena salah satu daya tarik bekerja di BUMN adalah memiliki stabilitas pekerjaan yang tinggi, sehingga pastinya karyawan BUMN memiliki jaminan pekerjaan yang kuat.

BUMN pun biasanya menawarkan paket kompensasi yang kompetitif, meliputi gaji, tunjangan hingga bonus kinerja

BUMN juga memiliki reputasi yang kuat dan prestise tinggi di masyarakat. Maka ketika bekerja di BUMN dapat meningkatkan status sosial dan keprofesionalan seseorang.

Ditambah BUMN pun memiliki peran penting dalam ekonomi dan penyediaan layanan publik.

Tahun 2024 membawa berbagai peluang karier yang menarik dan berlimpah bagi yang berminat untuk bekerja di BUMN.

Seperti yang kita tahu, setiap tahun BUMN dari berbagai sektor mengumumkan berbagai posisi pekerjaan yang tersedia dan dibutuhkan.

Selain peluang karier di sektor-sektor BUMN, tahun ini pun didapuk bak sebagai tren karier untuk bekerja di BUMN.

Namun, tak jarang banyak juga orang-orang yang tertinggal informasi atau malah tidak tahu akan adanya lowongan BUMN tersebut

Istilah ‘masuk BUMN lewat jalur orang dalam’ ini seperti momok yang menjadikan minimnya informasi terkait lowongan pekerjaan.

Padahal tanpa disadari, BUMN setiap tahun selalu membuka informasi terkait lowongan pekerjaan.

Berangkat dari peristiwa tersebut, sebuah akun di Instagram bernama @lowongan.bumn hadir untuk mengentaskan masalah tersebut. 

@Lowongan.bumn sudah ada sejak 2017 dengan tujuan menjadi jembatan dalam membantu pencari kerja untuk menemukan informasi lowongan kerja dan membantu setiap perusahaan yang sedang mencari kandidat yang sesuai.

“Instagram @Lowongan.bumn ini dibuat memang khusus untuk membantu para job seeker mencari pekerjaan dengan aman, karena semua informasi yang kami posting di sini semuanya dari informasi yang valid dan resmi,” ungkap Akhsan selaku penggagas @lowongan.bumn

Informasi lowongan kerja di @lowongan.bumn ini tidak hanya khusus untuk lowongan pekerjaan di BUMN saja, tetapi juga pekerjaan lainnya, seperti pemerintahan, CPNS, perbankan, manufaktur, migas, mining, dan lainnya

Semua informasi lowongan pekerjaan di @Lowongan.bumn ini sudah disaring dan dipilah secara teliti dan bersumber langsung dari yang terpercaya dan valid.

Selain itu, akun @Lowongan.bumn di Instagram pun sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan sehingga informasi yang diberikan sudah tak perlu diragukan lagi

“Karena kami merasa orang-orang masih memiliki kesulitan dalam mencari pekerjaan, apalagi tak jarang juga yang terkena penipuan dari informasi lowongan kerja yang abal-abal. Oleh karena itu, semoga kehadiran @Lowongan.bumn bisa membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia, karena informasi yang diberikan di sini dijamin keasliannya dan bersumber secara resmi,” tambah Akhsan

Selain memberikan informasi berbagai lowongan pekerjaan melalui unggahan di media sosial (Instagram), Lowongan.bumn pun membuka grup di Telegram yang terbuka untuk siapa saja bergabung agar tak tertinggal informasi seputar lowongan pekerjaan

“Kita juga membuat sebuah grup di telegram yang bisa diakses di bio Instagram @Lowongan.bumn dan terbuka untuk umum dan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi terkait lowongan pekerjaan,” pungkasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler