Sindoro Sumbing Duathlon 2023 Mendongkrak Pariwisata dan Ekonomi Wonosobo

Sabtu, 16 Desember 2023 – 14:17 WIB
Sekda Jateng Sumarno saat mengikuti Sindoro Sumbing Duathlon 2023 di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (17/12). Event ini diyakini mampu mendongkrak pariwisata dan ekonomi daerah Wonosobo. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - WONOSOBOSindoro Sumbing Duathlon 2023 di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (17/12), diyakini mampu mendongkrak pariwisata dan ekonomi daerah setempat.

Sindoro Sumbing Duathlon #4 merupakan event tahunan yang menggabungkan dua cabang olahraga, yaitu bersepeda dan lari.

BACA JUGA: Sekda Jateng Minta Apeksi Mampu Mengatasi Berbagai Persoalan Perkotaan

Total jarak yang ditempuh sepanjang 30 kilometer. Perinciannya, lari sejauh 10 kilometer dan bersepeda 20 km.

Adapun Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno menjadi salah satu peserta Sindoro Sumbing Duathlon 2023 itu.

BACA JUGA: Pendaki Gunung Sindoro Dievakuasi Akibat Cedera Kaki

Sumarno bersama sekitar 57 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, berlari dan bersepeda melintasi Perkebunan Teh Blembem Kretek, Wonosobo.

Sumarno mengatakan bahwa Sindoro Sumbing Duathlon 2023 merupakan ajang olahraga kebugaran dan hiburan.

BACA JUGA: Hutan Milik Perhutani di Lereng Gunung Sindoro Terbakar

Perhelatan sport tourism yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan itu diharapkan menarik wisatawan dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Rutenya sangat menarik di areal perkebunan teh. Ini menjadi bagian dari sport tourism. Saya ingin ke depan ini lebih besar lagi," ujar Sumarno yang mampu menembus finis dengan catatan waktu 1.37.

Event ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, meliputi Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan provinsi lainnya. Atlet Duathlon Sea Games Sedilta Pilon Nubatonis, M Fauzan dari Pelatda Jateng, dan sejumlah atlet nasional turut menyemarakkan event ini.

"Pesertannya banyak juga para atlet, sehingga ini menjadi media untuk latihan. Mudah-mudahan dengan latihan seperti ini dapat menghasilkan atlet-atlet yang mengharumkan Jawa Tengah dan Indonesia," harap Sumarno.

Dia juga berharap ke depan kegiatan yang diselenggarakan Pemprov Jateng, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jateng, dan stakeholder terkait, ini diperisapkan lebih baik lagi. 

Hal yang perlu didorong lagi adalah penyiapan jalur yang akan dilalui peserta supaya dibuat lebih nyaman dan aman. Selain itu, kegiatan ini bisa dipadukan dengan event wisata lain di Wonosobo. 

Sindoro Sumbing Duathlon 2023 ditutup dengan penyerahan medali dan hadiah kepada para pemenang. Hadiah diserahkan oleh Sekda Jateng Sumarno didampingi Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan forkopimda setempat.  Para pemenang terbagi empat kategori, yakni sprint putra/putri, relay, TNI/Polri, dan usia di atas 35 tahun. (jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler