Sineas Ternate Sangat Antusias Mengikuti Workshop Fesbul

Kamis, 11 Juli 2024 – 04:07 WIB
One on one mentoring hari kedua pada kegiatan Workshop Film Fesbul Lokus 6, Ternate 5-7 Juli 2024. Foto: dok fesbul

jpnn.com, TERNATE - Workshop Festival Film Bulanan (Fesbul) kali ini diselenggarakan di kota Ternate. Kota yang indah dan memiliki berbagai macam keindahan alam, hasil bumi, buah tangan dan sejarah yang menjadi cerita kota Ternate.

Workshop Fesbul tahun ini mengusung tema Passion, Roots, Movement yang bertepatan pada tanggal 5-7 Juli 2024 lalu.

BACA JUGA: Fesbul Lokus 6 Dibuka, Sineas Gorontalo Kepulauan Maluku Bersiaplah!

Acara ini bertujuan memfasilitasi dan mengembangkan jaringan filmmaker di Indonesia khususnya di wilayah Lokus 6 kawasan Gorontalo, Maluku Utara, dan Maluku dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Bukan tanpa alasan, tim Fesbul mengadakan workshop di Ternate. Selain kebudayaan yang beragam serta keindahan alamnya, sineas-sineas muda di kota Ternate sangat-sangat berbakat di bidang perfilman. Maka dari itu sayang sekali jika kami melewatkannya.

BACA JUGA: Fesbul Lokus 5 Rampung: Ini 2 Film Karya Sineas Muda Papua yang Terpilih

Kurang lebih 20 peserta hadir dan mendapat kesempatan emas untuk mendalami teknis dan trik dalam perfilman dari berbagai sudut pandang.

Pada Workshop di Lokus 6 ini, fokus membahas penulisan skenario, penyutradaraan, dan produksi film.

BACA JUGA: Fesbul Buka Pendaftaran Seleksi Film Lokus 5 untuk Para Sineas Seluruh Kawasan Papua

Semua itu langsung dibimbing dengan para mentor ahli dibidangnya seperti producerial bersama Abdul Manaf, script writing bersama Ridho Brado, dan directing bersama Makbul Mubarak.

Workshop Film Fesbul berlangsung selama 3 hari. Pada hari pertama, peserta berkesempatan untuk menyampaikan ide cerita mereka, diikuti dengan pemaparan materi dari para mentor untuk memberikan wawasan seputar produserial film.

Hari kedua dilanjutkan dengan sesi One on One Mentoring, dimana peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para mentor tentang proyek film mereka.

Semua perencanaan yang sudah dikerjakan dikoreksi serta mendapatkan masukan-masukan yang bisa membangun karya lebih baik lagi.

Pada hari terakhir, peserta mempresentasikan ide cerita mereka setelah melalui proses mentoring.

Melalui workshop ini, peserta juga dapat berjejaring dan berdiskusi untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan.

“Workshop kali ini sangat berdampak baik untuk saya pribadi. Berkat workshop ini saya bisa bertemu dengan orang-orang yang kreatif dan ditambah dengan pemateri yang keren. Dari mereka kita bisa belajar sudut pandang yang baik dalam dunia perfilman,” ujar Imam Jurdil Makmur, salah satu peserta workshop Lokus 6.

Workshop Film Fesbul memberikan kesempatan bagi 2 proyek film pendek terbaik dari seluruh lokus untuk terjun ke dunia komersial dan berpartisipasi dalam film market festival internasional tahun 2025.

Untuk melanjutkan semangat ini, Fesbul mengadakan Workshop Film Fesbul Lokus 7 di Makassar, Sulawesi mendatang.

Pendaftaran terbuka bagi para sineas di wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara mulai 10 - 24 Juli 2024.

Melalui acara ini, diharapkan perfilman lokal dapat tumbuh dan menghasilkan kolaborasi-kolaborasi serta karya-karya berkualitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Fesbul, kunjungi web resmi www.fesbul.id atau Instagram @fesbul.id. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler