Sinyal Kebangkitan Rossi dari Barcelona

Yamaha Unggul di Sesi Latihan

Sabtu, 15 Juni 2013 – 09:27 WIB
BARCELONA - Ambisi Valentino Rossi untuk segera kembali sebagai penantang juara di MotoGP musim 2013 mendapatkan sinyal positif. Sesi latihan kedua MotoGP Catalunya yang berlangsung di Sirkuit Barcelona, kemarin (14/6) WIB, jadi bukti paling sahih. Rossi menjadi yang tercepat dalam persaingan yang sengit.

Tampilnya Rossi sebagai yang tercepat sedikit di luar ekspektasi. Sebab, juara dunia tujuh kali di kelas premier grand prix balap motor itu sebelumnya kesulitan bersaing dengan rekan setimnya Jorge Lorenzo juga pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa yang bersaing ketat di sesi latihan pagi hari.

Apalagi, di lima balapan pertama musim ini penampilan Rossi tak terlalu memuaskan. Kecuali predikat runner-up di Losail, Qatar, Rossi tak lagi meraih podium. Bahkan di balapan terakhir yang berlangsung di Mugello, Italia (2/6), dia gagal finis.

"Kami tak membuang waktu setelah kecelakaan yang saya dapat di Mugello. Balapan di Barcelona sangat penting, terutama setelah hasil beberapa balapan terakhir," tutur Rossi kepada situs resmi MotoGP.

Gebrakan Rossi ke posisi teratas justru baru terjadi di akhir sesi. Ketika sebagian besar pembalap papan atas kembali ke garasi dan cukup puas dengan hasil latihannya di hari perdana.     

Rossi membuat gebrakan jelang sesi berakhir. Pembalap Italia itu mencatat waktu 1 menit 42,297 detik pada putaran ke-17, yang membawanya ke posisi teratas. Untuk pertama kalinya, Rossi memimpin catatan waktu terbaik sebuah sesi latihan sejak kembali ke Yamaha awal musim ini.

Rossi terakhir kali menjadi juara di Barcelona pada musim 2009 bersama Yamaha. Saat itu, dia terlibat persaingan sengit dengan Lorenzo yang juga jadi rivalnya pada perebutan gelar juara. Rossi menjadi pemenang setelah melakukan overtake luar biasa di tikungan terakhir.   

Namun, Rossi mengatakan, sejak awal dia sudah mendapatkan feel yang bagus pada motornya di sirkuit yang memberinya tujuh kemenangan selama berkiprah di grand prix balap motor.

"Penting untuk memulai akhir pekan ini dengan baik dan mendapatkan kualifikasi yang bagus, sangat penting untuk memulai balapan dari depan," lanjut Rossi.

Sepanjang hari kemarin, motor-motor Yamaha memang menunjukkan keunggulannya. Lorenzo sudah mencatatkan waktu tercepat di sesi pagi hari. Pembalap tim Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow juga tampil luar biasa untuk mendobrak persaingan antar tim pabrikan.

Lorenzo melanjutkan konsistensinya di sesi kedua. Dia kembali dominan di awal dengan berhasil mencatat waktu tercepat, 1 menit 42,346 detik. Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menempel di urutan kedua, diikuti Dani Pedrosa.

Rossi baru menyodok ke posisi ketiga setelah menyelesaikan putaran kedelapan dengan catatan 1 menit 42,990 detik. Tetapi, tak lama kemudian, kejutan hadir saat Alvaro Bautista (Honda Gresini) berhasil membukukan waktu 1 menit 42,752 detik dan langsung naik ke posisi kedua, di bawah Lorenzo, menggeser Dovizioso.

Rekan setim Pedrosa di Repsol Honda, Marc Marquez mencoba memperbaiki penampilannya yang tak terlalu impresif di sesi perdana.  Rookie MotoGP asal Spanyol itu naik ke posisi ketiga dengan catatan 1 menit 42,857 detik. Tak lama kemudian, giliran Pedrosa yang naik ke posisi kedua. (ady/ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kagawa Siap Pangkas Liburan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler