Sistem CAT Dongkrak Minat Pelamar CPNS Perkotaan

Senin, 11 September 2017 – 16:33 WIB
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Profesi PNS kini tidak hanya diminati masyarakat daerah. Masyarakat perkotaan pun tertarik, bahkan yang sudah bekerja.

Ketertarikan masyarakat kota terutama wilayah Jabodetabek mendaftar CPNS, salah satunya karena sistemnya lebih fair dan transparan.

BACA JUGA: Jangan Buru-buru, Pelajari Syarat Rekrutmen CPNS Dulu

"Jadi ada pergeseran minat terutama masyarakat perkotaan. Biasanya di Jabodetabek, lulusan perguruan tinggi lebih senang bekerja di perusahaan swasta, kini banyak yang tertarik jadi PNS," kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan kepada JPNN, Senin (11/9).

Ketertarikan itu menurut Ridwan, karena seleksinya lebih terbuka.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS Ditutup 25 September 2017

Para pelamar yang ikut computer assisted test (CAT) bisa menilai langsung hasil pekerjaannya.

"Sistem CAT mengubah pandangan masyarakat perkotaan tentang seleksi CPNS. Dulu mereka ogah ikut tes karena tahu seleksinya penuh KKN, sekarang karena sistem komputer dan transparan makanya mereka tertantang menguji kemampuannya," bebernya.

BACA JUGA: Buka Lowongan CPNS, KemenPAN-RB Tolak Berkas Langsung

Sejumlah pelamar membenarkan bila keinginannya mendaftar CPNS karena sistem seleksinya yang objektif. Salah satunya adalah Ririn.

Walaupun sudah bekerja dan menempati posisi yang bagus pada salah satu perusahaan swasta di Jakarta, Ririn ingin mencoba peruntungan.

"Mumpung umur masih memungkinkan, pengin coba ikut tes CPNS, sekalian menguji apa saya benar pintar atau standar," ucapnya.

Ririn mengaku tidak punya target khusus. Bila lolos seleksi, dia bakal resign dari kantornya.

"Iseng-iseng berhadiah. Kalau tidak lolos ya nggak apa-apa, toh saya masih kerja juga. Namun, bila lolos saya pilih CPNS karena masa depannya lebih terjamin. Lagipula sistem penggajian PNS sudah bagus," tandas Ririn. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler