Sistem ERP Memudahkan Pengusaha dalam Mengelola Bisnis Industri

Kamis, 31 Maret 2022 – 15:49 WIB
ERP besutan Mekari memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam mengelola bisnisnya melalui aplikasinya. Foto: tangkapan layar laman Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) diterapkan perusahaan untuk perencanaan keuangan, logistik, sumber daya manusia, perencanaan waktu, penggajian, dan yang lainnya.

Pertanyaan lain yang sering kali diutarakan banyak orang tentang apa itu sistem ERP? Sistem ini berbasis website ataupun desktop.

BACA JUGA: Sudah Saatnya Anda Menggunakan Aplikasi Absensi Online, Ini Alasannya

Kedua versi tersebut mempunyai kelebihan masing-masing.

Kelebihan sistem ERP berbasis website, seperti tak perlu menginstal, dapat diakses di mana saja via laptop, komputer PC, maupun telepon pintar. 

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Aplikasi Absensi Online bagi Karyawan, Berguna Banget

Sementara itu, kelebihan sistem ERP berbasis desktop antara lain mempunyai kecepatan akses yang baik dan tingkat keamanan yang lebih bagus.

Jadi, jangan ragu untuk menerapkan sistem ini walaupun perusahaan baru saja dirintis.

BACA JUGA: Bea Cukai Percepat Layanan Penerbitan Jaminan lewat Aplikasi Ini

Banyak kegunaan atau fungsi ERP yang benar-benar bermanfaat untuk membantu mobilisasi perusahaan.

Dengan implementasi sistem ERP, perusahaan akan lebih gampang menjalankan keputusan sehingga hasil yang akan didapatkan bisa optimal. Ini adalah fungsi sistem ERP.

1. Pemantauan lebih mudah

ERP mempermudah memantau semua hal yang ada dalam perusahaan. Jadi, saat akan mengambil keputusan, dapat mengamati data yang ada pada sistem.

2. Integrasi

Manfaat lain dari ERP system ialah kemudahan integrasi. Beragam komponen dalam perusahaan bisa terhubung untuk menetapkan semuanya telah sinkron.

3. Otomatis

Kecanggihan sistem ERP memang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya untuk urusan otomatisasi ketika menjalankan beragam progres. Adanya otomatisasi juga akan membikin data yang dialirkan bisa lebih cepat hingga tujuan.

4. Perencanaan

ERP memang dirancang untuk mempermudah perusahaan dalam melaksanakan planning. Perencanaan ini dapat berupa strategi yang akan dipakai untuk dapat berkembang walaupun terdapat kompetitor yang lebih dulu ada.

Sistem ERP mempunyai banyak wujud serta dimensi yang cocok untuk kebutuhan bisnis industri.

Sebaiknya, kita memahami lebih dulu beberapa sistem ERP terbaik 2022 yang direkomendasikan.

1. Mekari

Mekari ialah rangkaian sistem ERP yang terintegrasi buat menolong serta mempermudah pengelolaan bisnis industri.

Sistem ERP ini digunakan untuk seluruh tipe bisnis antara lain pertambangan, konstruksi, manufaktur, retail, trading, hotel, food and beverage, real estate, sekolah, instansi pemerintah, engineering, proyek, keuangan, logistik, serta transportasi.

Mekari selaku sistem ERP terbaik 2022 ini mempunyai bermacam materi ERP lengkap yang bisa digunakan untuk bermacam bisnis.

Human Resource Management System

Sistem buat mempermudah pengelolaan informasi karyawan buat lebih mengenali keadaan karyawan serta pada kesimpulannya mempermudah HRD buat mengambil keputusan yang pas buat menyusun strategi SDM industri.

Finance Management System

Sistem buat memudahkan pengelolaan anggaran, keuangan serta akuntansi di industri.

Sistem CRM

Sistem yang dirancang membagikan kemudahan dalam mengelola data penjualan produk, data pencapaian sasaran serta data customers di industri.

Sistem General Affair

Dibentuk dengan tujuan buat menyederhanakan pengelolaan administrasi di industri serta kurangi pemakaian kertas yang pada kesimpulannya menunjang industri mengarah green company (industri yang ramah area).

Digunakan buat mencatat seluruh transaksi yang berkaitan dengan keluar masuknya stok dari gudang, spesialnya beberapa barang yang bertabiat non asset.

Dilansir dari situs mekari pada artikelnya di https://mekari.com/produk/aplikasi-gudang/ selain yang telah disebutkan di atas, terdapat fitur aplikasi gudang yang dapat diintegrasikan dengan semua fitur mekari lainnya. 

Penggunaan aplikasi gudang sendiri dapat mengefektifkan pendataan barang masuk dan keluar. 

Mekari juga memiliki fitur efaktur pajak yang untuk penjelasan lebih detail dapat dilihat pada tautan berikut ini https://mekari.com/produk/aplikasi-efaktur-pajak/.

2. NetSuite ERP

Sistem ERP terbaik awal yang bisa diandalkan serta sangat banyak digunakan merupakan NetSuite ERP.

NetSuite ERP mempunyai banyak fitur yang bisa melaksanakan penyesuaian kebutuhan bisnisnya. 

Jadi, NetSuite ERP jadi sistem yang sempurna untuk seluruh golongan bisnis.

NetSuite ERP mempunyai keunggulan dalam pencatatan keuangan tercantum dalam mengaudit pengeluaran. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bisnis   teknologi   industri   Pengusaha   ERP   ERP Mekari  

Terpopuler