Sistem Pencegah Kebakaran Dengan Kontraktor Fire Fighting

Jumat, 11 Juni 2021 – 18:00 WIB
Kontraktor fire fighting. Foto: totalfire.co.id

jpnn.com, JAKARTA - Ketika membangun sebuah tempat, apakah itu tempat outdoor maupun indoor, Anda pasti punya rencana untuk mengantisipasi segala macam gangguan yang bisa merusak lingkungan di sekitar bangunan.

Salah satu gangguan yang paling fatal terjadi di sebuah bangunan adalah kebakaran. Awalnya mungkin hanya percikan api kecil akibat human error.

BACA JUGA: Kebakaran Hebat di Bekasi, 5 Kios Hangus, 3 Warga Luka-luka

Lalu, penanganan yang salah membuat percikan api itu menyambar benda-benda mudah terbakar di sekitarnya hingga api melahap seluruh isi bangunan. Di lain kasus, kabel-kabel listrik yang terkelupas akibat minimnya maintenance dan gesekan ranting-ranting pohon karena angin kencang juga bisa jadi penyebab kebakaran.

Kerugian besar akan menghantui Anda setelahnya. Untuk itu, Anda perlu perencanaan matang demi mengantisipasi kebakaran dan meminimalisasi kerugian besar dengan bantuan jasa kontraktor fire fighting.

BACA JUGA: Ditinggal Mudik, Rumah Hariyanto Terbakar

Apa Itu Kontraktor Fire Fighting?

Jika ada sebuah organisasi yang bisa Anda andalkan untuk menyediakan sistem fire fighting yang tepat guna di bangunan Anda, maka itu adalah kontraktor fire fighting.

Anda bisa menghubungi kantor ahli yang khusus menyediakan perlengkapan proteksi kebakaran terdekat di kota Anda. Sebaiknya menghubungi mereka jauh sebelum Anda memulai pembangunan sebuah tempat. 

BACA JUGA: Sebuah Rumah di Tambora Terbakar, 20 Unit Branwir Dikerahkan

Bagaimanapun Anda ingin memproteksi bangunan dari resiko kebakaran yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari. Untuk itu, Anda harus mengajak para profesional kontraktor fire fighting untuk bersama-sama merencanakan pembuatan bangunan. 

Rancangan bangunan yang Anda miliki selanjutnya akan disesuaikan dengan sistem keselamatan yang ada supaya Anda tidak salah memilih. Sebagai contoh, Anda hendak membangun kantor dengan konsep Ruang Terbuka Hijau dimana terdapat area outdoor juga di dalam area indoor-nya.

Maka sistem fire fighting yang harus ada dalam bangunan Anda bukan hanya fire sprinkler. Anda juga harus mempertimbangkan fire hydrant yang bisa digunakan outdoor maupun indoor.

Cakupan Kerja Kontraktor Fire Fighting

Anda mungkin baru pertama kali mengikutsertakan seorang perwakilan kontraktor fire fighting dalam rencana pembangunan tempat Anda.

Anda tidak perlu ragu dan khawatir akan hal ini. Karena kontraktor fire fighting profesional tidak akan mencampuri perencanaan Anda yang lain. Ia hanya akan fokus pada sistem fire fighting demi keamanan bangunan untuk jangka panjang.

Adapun cakupan kerja kontraktor fire fighting bersama timnya di antaranya:

  • Melakukan riset selama jangka waktu tertentu sebelum melakukan pemasangan sistem fire fighting. Riset ini termasuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan tempat tersebut. Jadi, Anda perlu memberitahu para karyawan atau orang-orang yang ada di sekitar Anda mengenai kedatangan tim kontraktor fire fighting selama beberapa kali.
  • Melakukan brainstorming bersama Anda selaku pemilik bangunan mengenai sistem fire fighting yang paling tepat. Ketika Anda menemukan masalah yang berkaitan dengan kelistrikan dan lain-lain yang berpotensi mengalami kebakaran, Anda bisa konsultasikan langsung kepada perwakilan kontraktor. Dia akan memberikan solusi yang tepat guna untuk permasalahan Anda. Anda pun perlu menemukan perusahaan yang tepat, terpercaya, dan dapat diandalkan agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. 
  • Melakukan pemeliharaan sistem fire fighting. Jika terjadi kerusakan di satu titik lokasi, kontraktor fire fighting akan segera memperbaikinya. Anda tidak akan dilepaskan begitu saja setelah sistem fire fighting terpasang. ?Ada layanan purna jual yang diberikan perusahaan. Anda pun akan merasa nyaman melakukan kerja sama dengan perusahaan itu untuk jangka waktu yang lama.

Jenis Api dan Cara Pemadamannya

Setelah Anda melakukan brainstorming dengan perwakilan dari kontraktor fire fighting, Anda pasti jadi lebih tahu tentang macam-macam potensi kebakaran dan cara pemadamannya. Petugas pemadam kebakaran pasti akan melakukan evakuasi saat terjadi kebakaran.

Bagi orang awam, penting untuk mengetahui jenis-jenis api agar saat terjadi kebakaran, petugas bisa mengevakuasi dengan lebih cepat dan tepat.

Jenis-jenis api ini dikelompokkan ke dalam kelas-kelas sebagai berikut.

  • Kelas A adalah kebakaran yang terjadi di sekitar benda padat seperti kayu, kertas, dan tekstil.
  • Kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda cair yang mudah terbakar seperti bensin dan jenis minyak bahan bakar lainnya. ?
  • Kelas C adalah kebakaran oleh adanya gas.
  • Kelas D adalah kebakaran di sekitar area logam.
  • Kelas E adalah kebakaran yang paling sering terjadi dimana melibatkan peralatan listik.?
  • Kelas F adalah kebakaran yang sering terjadi di tempat-tempat seperti restoran dan pabrik dimana terdapat minyak goreng. 

Petugas pemadam kebakaran akan melakukan tindakan tertentu sesuai dengan jenis apinya. Ketika sebuah gedung sudah memiliki sistem proteksi kebakaran, maka bahaya kebakaran akan bisa ditanggulangi lebih dini. 

Sistem Proteksi pada Kebakaran

Salah satu penerapan sistem proteksi kebakaran dari kontraktor fire fighting adalah sistem kebakaran aktif. Peralatan yang dipasang berupa detektor yang bisa mendeteksi api, panas, gas, dan asap.

Peralatan ini dilengkapi juga dengan alarm kebakaran, sprinkler otomatis, pipa tegak-selang, dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang sesuai dengan Undang-undang tentang proteksi kebakaran.

Kontraktor fire fighting juga akan memberikan gambaran mengenai sistem kebakaran pasif yang akan menyokong tugas sistem kebakaran aktif. Kontraktor fire fighting tentunya akan menyarankan Anda memasang pintu dan jendela yang tahan api dalam tahap perencanaan pembangunan.

Selain itu, dia akan memberikan gambaran mengenai tipe konstruksi bangunan yang bisa dipakai untuk mencegah menjalarnya api dengan cepat. 

PT Totalfire Indonesia sebagai kontraktor fire fighting terkemuka sangat berpengalaman dalam bidang ini. Temukan pengalaman baru terbaik Anda bekerja sama dengan perusahaan yang berdiri sejak 2005 ini. Konsultasikan semua permasalahan dan gundah gulana Anda pada Totalfire Indonesia sesegera mungkin. (ikl/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler