Siti Fauziah Ajak Humas Kementerian & Lembaga Negara Ikut Sosialisasikan Sidang MPR 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 – 07:02 WIB
Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Bakohumas yang berlangsung di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/8). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah menyampaikan Bakohumas memiliki peran yang sangat strategis dan sarana kolaborasi antarlembaga dan institusi dalam bidang kehumasan.

Hal itu disampaikan Siti Fauziyah pada kegiatan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dengan acara seminar bertema 'Serba-Serbi Sidang MPR Tahun 2024' yang berlangsung di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/8).

BACA JUGA: Plt Sekjen MPR Hadiri Peresmian Cap Telapak Tangan Kedua PWP 45, Begini Harapannya

“Bakohumas tidak hanya strategis untuk memperkuat citra dan reputasi tetapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap informasi yang disampaikan oleh biro kehumasan dari lembaga negara, kementerian, TNI, Polri, dan institusi lainnya," kata Siti Fauziah.

Perempuan yang akrab dipanggil Bu Titik itu mengatakan MPR mengadakan Bakohumas karena pada tahun ini akan menggelar berbagai sidang.

Mulai dari Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus, Sidang Akhir Masa Jabatan MPR periode 2019-2024 pada 25 September, Sidang Awal Masa Jabatan MPR periode 2024-2029 pada 1 Oktober, dan Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober.

Ibu Titi berharap dengan mengundang jajaran kehumasan dari berbagai lembaga negara, kementerian, TNI, Polri, dan institusi lainnya dalam Bakohumas dapat ikut mempublikasikan dan mensosialisasikan sidang-sidang yang digelar oleh MPR.

BACA JUGA: MPR Akan Gelar Sidang Tahunan, Siti Fauziah: Perlu Sinergi Antar-Unit Kerja

“Dengan harapan selain informasi sidang tersebar masif, masyarakat juga paham dan memahami dari sidang-sidang yang diadakan oleh MPR," tegasnya.

Sidang MPR tahun ini menurutnya sangat spesifik sebab ada pelantikan presiden baru.

Dalam sidang pelantikan presiden baru, biasanya masyarakat ingin datang dan melihat langsung acara itu di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD Senayan, Jakarta.

BACA JUGA: Catatan Ketua MPR: Transformasi Ekonomi dan Urgensi Meningkatkan Kompetensi SDM

Menghadapi antusias masyarakat tentu perlu tenaga ekstra untuk menjaga ketertiban sidang.

Demi ketertiban dan kelancaran sidang-sidang, terutama pelantikan presiden, ada proses pengamanan yang bertingkat.

Untuk itu bagi masyarakat yang tidak bisa menyaksikan langsung sidang-sidang yang ada, diharap mereka jangan kecewa sebab dengan kemajuan teknologi informasi yang ada, MPR akan menyiarkan langsung sidang-sidang itu, baik lewat saluran televisi, live streaming, maupun saluran media sosial lainnya.

“Dengan siaran langsung, seluruh rakyat Indonesia bisa menyaksikan berbagai sidang tanpa perlu datang ke Senayan, Jakarta," terangnya.

Dirinya menegaskan kembali dengan Bakohumas itulah mengajak kepada semua jajaran kehumasan untuk ikut menyiarkan secara langsung kepada masyarakat.

Siti Fauziah menaruh harapan pada jajaran dari berbagai kehumasan sebab kredibilitas mereka tidak perlu diragukan lagi.

“Jangan sampai ada berita hoaks dari pelaksanaan sidang-sidang MPR. Untuk itu kita berharap kepada seluruh jajaran Bakohumas untuk bersama menjaga informasi benar dan baik," pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Anies Mayangsari Muninggar menambahkan forum Bakohumas merupakan salah satu metode untuk menyebarkan informasi publik.

“Cara ini merupakan sarana yang efektif sebagai sarana koordinasi, integrasi, dan sinergi, bagi seluruh insan kehumasan," terangnya.

Dia menambahkan Bakohumas merupakan wadah yang solid dalam penyebaran dan diseminasi informasi yang kredibel.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga dihadiri Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo sekaligus Ketua Bakohumas Usman Kansong, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia.

Selain itu juga hadir Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Anies Mayangsari Muninggar, serta jajaran Eselon I dan II di lingkungan Setjen MPR. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler