Skandal Mencuat, Casey Affleck Tak Berani Nongol di Oscar

Sabtu, 27 Januari 2018 – 13:44 WIB
ILUSTRASI: Patung Oscar. (ANTARA/REUTERS/Brendan Mc/am.)

jpnn.com - Sudah menjadi tradisi di Academy Awards, piala Oscar untuk Aktor Terbaik diserahkan oleh Aktris Terbaik edisi sebelumnya.

Sementara itu, piala Aktris Terbaik diberikan oleh Aktor Terbaik tahun sebelumnya. Di The Oscars 5 pada Maret mendatang, ada anomali. Piala untuk Aktris Terbaik tidak akan diserahkan oleh Casey Affleck.

BACA JUGA: Reaksi Kocak Jordan Peele Usai Masuk Nominasi Aktor Terbaik

Tahun lalu, Affleck merebut trofi Oscar lewat perannya di Manchester by the Sea. Namun, dia mengundurkan diri dari peran sebagai presenter Aktris Terbaik.

Tak hanya mundur dari tugas, dia juga tidak akan hadir di seremoni yang digeber di Dolby Theatre, Hollywood, tersebut.

BACA JUGA: John Williams Cetak Rekor Nominasi Oscar Terbanyak

Tidak dikemukakan alasannya. Media menduga hal itu terkait dengan menguatnya lagi tuduhan pelecehan seksual terhadap adik Ben Affleck tersebut.

’’Kami sangat menghargai keputusan Casey,’’ kata perwakilan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS, penyelenggara Oscars) yang dikutip Variety.

BACA JUGA: Tak Masuk Nominasi Oscar, James Franco Ngambek

’’Itu membuat kami bisa lebih fokus menyelenggarakan acara sebaik mungkin tahun ini,’’ lanjut perwakilan tersebut.

Kasus tersebut bermula ketika Affleck menyutradarai film dokumenter berjudul I'm Still Here pada 2010. Produser Amanda White menyebutkan bahwa Affleck menolak membayar gajinya karena dirinya enggan menghabiskan malam bersama Affleck.

Di lokasi syuting, setiap hari dia menerima komentar dan tindakan yang menjurus pelecehan oleh para kru. Hal itu disaksikan dan disemangati oleh Affleck.

Yang dialami Director of Photography Magdalena Gorka lebih menyakitkan. Affleck yang kala itu berstatus menikah dengan Summer Phoenix naik ke tempat tidur saat Gorka sedang terlelap

Affleck menyangkal semua tuduhan tersebut dan mengancam menuntut balik White dan Gorka. Kasus itu berakhir di pengadilan dan semua pihak merasa puas dengan putusannya.

Ketika Affleck menerima gelar Aktor Terbaik di The Oscars tahun lalu, banyak yang tidak mengapresiasi. Brie Larsson mengungkapkan kekesalannya dengan tidak bertepuk tangan.

Tahun ini, dengan makin menguatnya kampanye #MeToo dan Time's Up yang diusung para aktris dan aktor papan atas, tuduhan pelecehan seksual tidak lagi diabaikan.

Sejak akhir tahun lalu, muncul petisi di Change.org yang berbunyi, ’’Jangan biarkan Casey Affleck menyerahkan trofi Aktris Terbaik 2018’’.

Hingga kini, petisi itu sudah ditandatangani oleh hampir 20 ribu orang. Petisi tersebut didengar oleh CEO AMPAS Dawn Hudson. ’’Ya, tentu, kami memikirkan benar situasi Casey,’’ ucap Hudson. (md/c20/na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Surat Cinta Bawa Kobe Bryant Masuk Nominasi Oscar


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler