Skenario Tim yang akan Lolos dari Grup H Piala Dunia 2018

Senin, 25 Juni 2018 – 10:03 WIB
Bek Kolombia, Yerry Mina (kanan) membuka gol timnya ke gawang Polandia. Foto: fifa

jpnn.com, KAZAN - Dua hasil laga di matchday 2 Grup H membuat persaingan ke 16 Besar Piala Dunia 2018 menjadi panas. Jepang dan Senegal berbagi angka sama 2-2, sedangkan Kolombia menang 3-0 atas Polandia.

Itu membuat Jepang, Senegal dan Kolombia sama-sama punya peluang ke fase knock out, 16 Besar. Di matchday terakhir, Kamis (28/6), Senegal dan Kolombia harus berhadapan langsung, sementara Jepang berharap dapat poin dari Polandia yang sudah pasti tersingkir.

BACA JUGA: Polandia jadi Tim Unggulan FIFA Pertama yang Tersingkir

Bagaimana jika Jepang kalah dari Polandia? Berarti mereka harus menanti nasib dari laga Senegal versus Kolombia. Jepang bisa tetap lolos sebagai runner-up jika Senegal menang. Andai skornya imbang, wakil Asia itu harus beradu selisih gol dengan Kolombia karena poinnya akan sama, yakni empat.

Jika Kolombia dan Polandia yang menang di matchday ketiga, berarti Jepang dan Senegal harus beradu selisih gol untuk memperebutkan posisi runner-up.

BACA JUGA: Piala Dunia 2018: Toni Kroos Pecah Rekor 52 Tahun

Jadi, siapa yang berhak ke 16 Besar dari Grup H, pul yang menjadi satu dari dua grup di Piala Dunia 2018 (satunya lagi Grup A) yang dihuni oleh empat negara dari empat benua itu? Berikut di bawah ini penentuan lolos dari fase grup. (jpc/jpnn)

BACA JUGA: Klasemen Piala Dunia 2018 Usai Inggris dan Belgia Pesta Gol

Regulasi penentuan lolos dari fase grup:

1. Poin
2. Selisih gol
3. Produktivitas gol

Jika 2 atau 3 tim memiliki kesamaan dalam tiga kriteria di atas, penentuan berikutnya adalah:

4. Poin tertinggi dari pertandingan yang melibatkan 2 atau 3 tim tersebut (contoh: di Grup H, dihitung poin tertinggi Jepang, Senegal dan Kolombia, tidak termasuk poin pertandingan melawan Polandia)
5. Selisih gol dari pertandingan yang melibatkan 2 atau 3 tim tersebut (tidak termasuk pertandingan melawan Polandia)
6. Produktivitas gol dari pertandingan yang melibatkan 2 atau 3 tim tersebut (tidak termasuk pertandingan melawan Polandia)
7. Poin fair play dari semua pertandingan di grup (-1 untuk satu kartu kuning, -3 untuk kartu kuning kedua satu pemain, -4 untuk kartu merah langsung, -5 untuk satu kartu kuning yang disusul kartu merah langsung)
8. Undian oleh FIFA Organising Committee

BACA ARTIKEL LAINNYA... Piala Dunia 2018: Laga Tegang, Jepang dan Senegal Imbang


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler