Skor Akhir Indonesia vs Taiwan 2-1: Garuda Kecolongan Gol, Leg Kedua Bakal Berat

Kamis, 07 Oktober 2021 – 21:44 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya. ANTARA FOTO/Humas PSSI/handout/wsj.

jpnn.com, BURIRAM - Timnas Indonesia menang 2-1 atas Taiwan dalam leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram, Thailand, Kamis (7/10) malam.

Gol Indonesia ke gawang Taiwan berasal dari Ramai Rumakiek pada menit ke-18 dan Evan Dimas Darmono (48'). Sementara gol semata wayang Taiwan dicetak Hsu Heng Pin menit ke-90.

BACA JUGA: Ramai Rumakiek Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Taiwan

Pada starting line up, Indonesia banyak menurukan para pemain cepat di sektor depan dan sayap. Strategi itu membuat permainan skuad Garuda menjadi agresif dan mampu memberikan tekanan intens ke pertahanan lawan.

Peluang pertama Indonesia datang pada menit ke-5. Sepakan Kushedya Hari Yudo memanfaatkan umpan dari tengah, nyaris menjadi gol. Sayang, bola masih menyamping di sisi kanan gawang lawan.

BACA JUGA: Susunan Pemain Indonesia Vs Taiwan: Egy Maulana Vikri Cadangan

Menit ke-10, Evan Dimas melepaskan tembakan, tetapi masih bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Taiwan. Kerja keras timnas Indonesia akhirnya membuahkan hasil setelah Miftah Sani melihat Ramai Rumakiek yang mencari ruang.

Umpan lambung dilepaskan Miftah dan bisa dikontrol dengan baik oleh Rumakiek. Pemain Persipura Jayapura itu kemudian menceploskan bola melewati kolong kaki kiper Taiwan.

BACA JUGA: Bisnis Makanan dan Sewa Parkir Laris Manis Selama PON Papua, Omzet Hingga Jutaan per Hari

Meski sudah unggul 1-0, Indonesia tak mengendurkan serangan. Kombinasi apik dari sisi kanan dan kiri, terus dibangun oleh Skuad Garuda untuk menambah skor. Namun, upaya Indonesia untuk menggandakan keunggulan tak tercapai hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Shin Tae Yong memasukkan Egy Maulana Vikri. Kehadiran pemain FK Senica itu membuat permainan Indonesia semakin hidup. Serangan dari sisi kiri Indonesia lebih maksimal.

Baru tiga menit babak kedua berjalan, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Pergerakan Kushedya Hari Yudo di sisi kiri membelah pertahanan Taiwan. Dia kemudian mengirimkan umpan mendatar ke tengah kotak penalti.

Evan Dimas yang muncul dari belakang dengan cepat menyambar bola dan menjebol gawang Taiwan.

Selepas unggul 2-1, Indonesia makin gencar menggempur gawang Taiwan. Peluang terbaik skuad Garuda kemudian datang lewat Kushedya pada menit ke-56. Sayang, sepakan pemain Arema FC itu masih bisa ditepis oleh kiper Taiwan.

Terus menekan, Indonesia ternyata kecolongan di menit akhir. Sebuah aksi dari Hsu Heng Pin memanfaatkan bola liar setelah terjadi kemelut membuat gawang Indonesia kebobolan. Skor pun menipis menjadi 2-1.

Sampai peluit panjang dibunyikan, skor Indonesia vs Taiwan tak berubah tetap 2-1. Dengan hasil ini, Indonesia harus berhati-hati di leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pasalnya Taiwan memiliki keunggulan satu gol tandang. Mereka cukup menang 1-0 jika ingin lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler