Skor Akhir Indonesia vs Turkmenistan 2-0, Dendy dan Egy Bawa Garuda Menang

Jumat, 08 September 2023 – 22:41 WIB
Timnas Indonesia menang 2-0 melawan Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9/2023). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Timnas Indonesia menang 2-0 melawan Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9/2023).

Dua gol kemenangan Skuad Garuda dihasilkan oleh Dendy Sulistyawan pada menit ke-19 dan Egy Maulana Vikri (90').

BACA JUGA: Tiga Pemain Muda Bali United Jalani TC Timnas U-17 Indonesia

Kemenangan ini menjadi penting bagi Indonesia dalam menambah poin karena Turkmenistan berada di peringkat ke-138 dunia, sedangkan Indonesia hanya duduk di posisi ke-150.

Turkmenistan yang lebih diunggulkan dalam laga ini memang langsung agresif sejak menit awal. Mereka menunjukkan permainan menyerang dan mendapatkan pelung pertama melalui Velmyrat Ballakov.

BACA JUGA: 6 Info Penting Jelang Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Lihat Catatan Pertandingan, Seru

Beruntung, kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata sudah siap menghalau sepakan itu.

Meski sempat ditekan beberapa kali, Indonesia yang mengandalkan kecepatan pemain di sektor sayap berhasil memecah kebuntuan.

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Simak Permintaan Shin Tae Yong

Berawal dari penetrasi Asnawi Mangkualam, bola kemudian dikirimkan kepada Dendy Sulistyawan. Striker Bhayangkara FC itu kemudian melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang berbuah gol. Indonesia unggul 1-0.

Turkmenistan kemudian berusaha mengejar ketertinggalan. Beberapa kali serangan dibangun, tetapi ketangkasan pemain Indonesia bisa meredam segala peluang lawan.

Sampai babak pertama usai, skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada parujh kedua, Shin Tae Yong mematangkan kekurangan timnya saat babak pertama. Terbukti, beberapa kali serangan lawan bisa dihentikan sebelum mencapai sepertiga terakhir daerah pertahanan Indonesia.

Selain itu, masuknya Egy Maulana Vikri bisa merepotkan barisan pertahanan Turkmenistan. Pada menit ke-60, Egy nyaris mencetak gol. Namun, aksi kiper Turkmenistan Batyr Baba Yev menggagalkan peluang tersebut.

Menit ke-64, Turkmenistan nyaris mencetak gol setelah mendapatkan sepakan bebas di depan kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, sepakan Elman Tagayev masih membentur mistar gawang.

Pada sisi sepuluh menit babak kedua, Timnas Indonesia terus-menerus ditekan oleh Turkmenistan.

Namun, sebuah serangan balik cepat yang dibangun Stefano Lilipaly dilanjutkan dengan umpan kepada kepada Egy Maulana Vikri membuat skor berubah. Egy melakukan aksi individual sebelum menempatkan bola ke pojok gawang. Gol, skor berubah menjadi 2-0.

Indonsia akhirnya menutup laga dengan kemenangan 2-0 atas Turkmenistan. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler