Skor Akhir Portugal Vs Jerman 2-4, Diwarnai Dua Gol Bunuh Diri Rekan Ronaldo

Minggu, 20 Juni 2021 – 01:18 WIB
Para pemain Jerman merayakan sebuah gol ke gawang Portugal. Foto: Twitter @EURO2020

jpnn.com, MUNCHEN - Skor akhir 2-4 menutup laga Portugal kontra Jerman dalam lanjutan Grup F EURO 2020 yang berlangsung di Fussball Arena, Munchen, Sabtu (19/6) malam. Pemain tim berjuluk Der Panzer itu menegaskan ketajaman mereka di hadapan salah satu tim calon favorit juara.

Kedua tim sama-sama tak melakukan perubahan susunan starting line up dalam pertandingan kali ini. Baik Portugal maupun Jerman, sama-sama mempertahankan starter mereka di matchday pertama.

BACA JUGA: Portugal Vs Jerman: Ini Pesan Khusus Fernando Santos kepada Pemainnya

Jerman, seperti biasa, unggul dan dominan dalam penguasaan bola. Mereka pun langsung memberikan tekanan yang luar biasa ke pertahanan Portugal. Sebuah serangan dibangun oleh Der Panzer pada menit ketiga. Namun, serangan itu masih bisa digagalkan pemain Portugal.

Skuad asuhan Joachim Loew sejatinya mampu mencetak gol di menit ke-4 melalui Robin Gosen. Namun, gol itu tak disahkan wasit.

BACA JUGA: Portugal vs Jerman: Fernando Santos Akan Contek Cara Prancis Kalahkan Jerman

Pasalnya, dalam proses gol tersebut ada pemain Jerman yang kedapatan terjebak off-side terlebih dahulu

Portugal yang memang memainkan strategi bertahan dan melakukan serangan balik, membuat pendukung Jerman terhenyak. Aksi counter attack itu berhasil mengubah skor menjadi 1-0 pada menit ke-15.

Berawal dari umpan Bernardo Silva ke Diogo Jota, diteruskan dengan melakukan penetrasi sampai berhadapan satu lawan satu dengan kiper Portugal. Dia tak egois, bola disodorkan ke Ronaldo yang berdiri tak terkawal dan dengan mudah menceploskan bola.

Keunggulan 1-0 itu membuat Portugal bermain semakin dalam, garis penyerangan mereka ditarik sampai ke daerahnya sendiri untuk bisa meredam upaya serangan dari Jerman. Sampai menit ke-33, dominasi Jerman dalam penguasaan bola belum membuahkan hasil dan masih kesulitan mencetak gol.

Upaya Jerman untuk bisa menyamakan kedudukan akhirnya datang pada menit ke-35. Diawali crossing dari Joshua Kimmich ke kotak penalti Portugal, disambut oleh Gosens yang langsung melepaskan tendangan.

Bola itu kena bek Portugal Ruben Dias dan membuat arah bola menuju ke gawangnya sendiri. Skor 1-1, Ruben Dias dianggap melakukan gol bunuh diri.

Empat menit berselang, lagi-lagi gol bunuh diri menjadi momok bagi Portugal. Kali ini giliran Raphael Guereiro yang melakukannya.

Berniat menyapu bola hasil operan Joshua Kimmich, Guereiro justru menceploskan si kulit bundar ke gawangnya sendiri. Kini Jerman unggul 2-1.

Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Jerman yang sedang berada di atas angin ternyata tak mengendurkan serangan. Mereka terus memberikan tekanan di menit-menit awal kepada Portugal.

Menit ke-50, Jerman menambah golnya. Portugal pun semakin tertinggal dengan skor 1-3 dari tim lawan. Memanfaatkan bola dari Kai Havertz, Muller melepaskan bola diagonal yang bagus ke Gosens.

Gosens lantas meneruskannya dengan melepaskan umpan ke tengah yang disambut dengan sepakan dari Havertz yang muncul dari belakang dan membuat Rui Patricio mengambil bola dari gawangnya untuk kali ketiga.

Seakan tak puas, Jerman belum menurunkan tempo permainan dan tingkat agresivitasnya. Mereka terus memberikan serangan-serangan berbahaya ke jantung pertahanan Portugal.

Cristiano Ronaldo sempat mendapatkan peluang bagus saat Portugal diberikan tendangan bebas. Namun, sepakannya belum menemui sasaran dan melambung tipis di atas mistar gawang.

Jerman membalas menyerang dan langsung berbuah positif. Gosens kini turut mencatatkan namanya di papan skor ,memanfaatkan umpan silang dari Kimmich. Gosens yang tak terkawal dengan mudah menyundul bola, membuat Portugal semakin tertinggal dengan skor 1-4 dari Jerman.

Tak mau berpangku tangan dan menyerah, Portugal menunjukkan mereka belum habis. Laga masuk menit ke-66, Portugal coba memperkecil ketinggalan lewat gol dari Diogo Jota. Berawal dari skema tendangan bebas, Joao Moutinho kirimkan umpan ke Ronaldo yang langsung diteruskan ke arah Jota.

Jota lalu melepaskan tembakan dari jarak dekat yang tak mampu dihalau kiper Portugal Rui Patricio. Skor 4-2 keunggulan Jerman atas Portugal bertahan hingga laga usai.(dkk/jpnn)

 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler