Skor Akhir Timnas Indonesia Vs Singapura 1-1, Ikhsan Fandi Momok Mematikan Garuda

Rabu, 22 Desember 2021 – 21:49 WIB
Winger timnas Indonesia Witan Sulaeman mencoba menguasai bola di tengah kawalan kapten Singapura, Hariss Harun. Foto: Dok. PSSI

jpnn.com, SINGAPURA - Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 kontra Singapura pada leg pertama Semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12) malam.

Gol penggwa Indonesia Witan Sulaemanpada menit ke-28 bisa disamakan Singapura via Ikhasan Fandi pada menit 70'. 

BACA JUGA: Babak Pertama Timnas Indonesia Vs Singapura 1-0, Witan Bawa Garuda Unggul

kuad Garuda menurunkan susunan pemain yang berbeda dibandingkan dengan laga-laga sebelumnya. Tiga bek tengah turun bersamaan.

Ezra Walian yang biasa mengisi posisi depan kini digantikan Dedik Setiawan.

BACA JUGA: Ayo Nonton, Ini Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Singapura, Silakan Klik di Sini

Strategi ini rupanya berjalan cukup luar biasa. Pasalnya, Indonesia yang diprediksi bermain bertahan, ternyata banyak melancarkan serangan dengan bola panjang dari sayap untuk menciptakan peluang.

Saat pemain Singapura memperkuat pertahanan di sektor sayap, pemain Indonesia mampu mengubah alur bola dan memainkan bola-bola pendek dengan jarak antarpemain yang rapat di tengah.

BACA JUGA: Gaya Main Timnas Indonesia Dicibir Jurnalis Eropa, Kata-katanya Pedas

Singapura yang sempat percaya diri menyerang, kemudian tampak kebingungan karena Indonesia ternyata mampu menutup ruang ketika The Lions membangun serangan.

Hasilnya, Singapura mudah kehilangan bola dan Indonesia mampu membangun sebuah serangan balik cepat.

Indonesia akhirnya membuka keunggulan pada menit 28' lewat sepakan dari kotak penalti yang dilepaskan Witan Sulaeman,

Berawal dari intersep, bola dibawa oleh Asnawi Mangkualam menyisir sayap kanan. Setelah melakukan kerja sama satu dua, Asnawi terus melakukan penetrasi ke kotak penalti.

Melihat Witan berdiri bebas, bola cut back dikirimkan dan langsung disambar pemain Lechia Gdansk itu dengan sepakan menembus gawang Singapura. Gol! Indonesia unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Singapura mencoba untuk menyerang. Mereka terlecut untuk menyamakan kedudukan. Namun, beberapa peluang yang dihasilkan The Lions tak bisa menembus apiknya penjaga gawang Nadeo.

Indonesia nyaris menggandakan keunggulan via Irfan Jaya pada menit ke-33. Sayang, sepakan pemain asal Bantaeng, Sulawesi Selatan itu tak bisa menjadi gol.

Singapura yang kesulitan menembus pertahanan Indonesia mulai bermain keras. The Lions mulai bermain keras untuk bisa mengganggu permainan skuad Garuda.

Rachmat Irianto sempat kesakitan, setelah itu Pratama Arhan juga terjatuh. Witan pun kena hajar permainan keras Singapura.

Pemain Indonesia sempat terpancing karena Arhan terkena kartu kuning. Beruntung, sampai babak pertama usai, skor tak berubah dan Indonesia unggul sementara 1-0. 

Pada babak kedua, Shin Tae Yong seperti biasa melakukan pergantian pemain yang sudah ditebak.

Mantan pelatih Korea Selatan itu memasukkan Elkan Baggot, serta Ezra Walian untuk mengantikan Rizky Ridho dan Dedik Setiawan.

Tidak lupa, Shin Tae Yong juga memasukkan Evan Dimas mengantikan Rachmat Irianto untuk meningkatkan serangan.

Sayangnya, bukan gol yang dihasilkan, Indonesia justru kebobolan.

Berawal dari antisipasi yang salah dari pemain belakang, penggawa Singapura kemudian menyodorkan bola terobosan. Elkan Baggot yang mencoba melakukan jebakan offside ternyata gagal.

Ikhsan Fandi yang menerima bola itu terus melaju ke depan kotak penalti. Sepakannya sempat diblok dengan kaki oleh Nadeo, tetapi bola menghunjam deras gawang Garuda. Gol! Singapura menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 70'.

Moral pemain Indonesia yang lengah dan kecolongan sempat menurun. Sebaliknya, tuan rumah mulai percaya diri menyerang pertahanan Garuda.

Dua menit berselang, The Lions langsung menebar ancaman. Sundulan dari pemain Singapura memanfaatkan umpan lambung nyaris menjadi gol, beruntung bola bergulir masih mengenai tiang.

Indonesia merespons dengan melakukan pergantian kembali, kini Hanis Saghara dimasukkan, Ezra yang baru masuk di babak kedua di luar dugaan ditarik kembali.

Masuknya Hanis mampu mengubah permainan Indonesia kembali hidup.

Walau Indonesia kembali menekan, tetapi Singapura menunjukkan solidnya lini belakang mereka sehingga sulit ditembus oleh Evan Dimas dan kolega.

Hanis sempat mendapat peluang melalui sepakan jarak jauh pada menit ke-84. Sayang, bola masih mengarah tepat ke pelukan kiper Singapura.

Indonesia terus menerus menyerang di sisa laga, tetapi tidak ada gol tambahan tercipta. Skuad Garuda harus puas bermain imbang 1-1 kontra Singapura.

Selanjutnya, kedua tim akan berjumpa pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 yang akan digelar pada 25 Desember mendatang di tempat yang sama.

Jika salah satu tim menang, maka langsung lolos ke final. Namun, apabila berakhir imbang berapa pun skornya, maka pertandingan akan langsung dilanjutkan dengan adu penalti. (dkk/jpnn)

 

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler