Skuat Spanyol ke Piala Dunia 2018 Penuh Kejutan

Senin, 21 Mei 2018 – 22:01 WIB
Gerard Pique (kiri) dan Julen Lopetegui. Foto: AFP

jpnn.com, MADRID - Arsitek Timnas Spanyol, Julen Lopetegui membuat banyak kejutan saat merilis 23 pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia 2018. Dalam skuat tersebut, tak ada nama Alvaro Morata, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez, dan Marcos Alonso, semuanya pemain Chelsea.

Perdebatan soal dibawa atau tidaknya Morata memang sudah mengapung sejak beberapa pekan terakhir. Penyerang yang baru digaet Chelsea dari Real Madrid pada awal musim itu tampil kurang konsisten sepanjang tahun.

BACA JUGA: Piala Dunia 2018: Gagal Bela Jerman, Pemain Muenchen Pensiun

Hal yang sama dengan Fabregas. Penampilan Chelsea yang kurang cemerlang di Premier League berimbas kepada performa gelandang jebolan akademi La Masia milik Barcelona itu.

Hal serupa agaknya melatari keputusan Lopetegui tak memasukkan nama Alonso dan Pedro. Padahal, performa Alonso terbilang cukup apik. Dia pun masuk ke dalam PFA Team of The Year di Premier League musim ini.

BACA JUGA: Piala Dunia 2018: Gelandang Veteran Pimpin Timnas Panama

Di antara sederet pemain Spanyol di Chelsea, cuma Cesar Azpilicueta yang dilirik Lopetegui. "Membuat keputusan penting adalah tugas kami. Saya sadar beberapa hal akan sangat sulit, tapi kami berusaha melakukan dengan benar dan jujur," ujar Lopetegui seperti dilansir Marca.

Ketidakhadiran Morata di skuad Spanyol menjadi salah satu pembahasan yang ramai diperbincangkan di media sosial. Bahkan, tak berapa lama setelah 23 pemain dirilis, nama Morata dan Lopetegui muncul di daftar trending topic dunia di Twitter.

BACA JUGA: Piala Dunia 2018: Skuat Senegal Beraroma Liga Inggris

Morata sendiri merupakan pencetak gol terbanyak ketiga Spanyol selama era kepelatihan Lopetegui dengan tujuh gol. Dia cuma kalah dari David Silva dan Isco. Selama babak kualifikasi, peran mantan bober Juventus itu pun cukup vital.

"Semoga beruntung di Piala Dunia. Saya akan selalu mendukung sampai akhir," bunyi cuitan Morata di akun Twitter @AlvaroMorata menyikapi keputusan Lopetegui tak memanggilnya.

Akan tetapi, bukan cuma Morata dan dua koleganya di Chelsea saja yang harus tercoret. Beberapa nama populer pun harus melupakan asa berangkat ke Rusia. Sebut saja Javi Martinez (Bayern Muenchen), Hector Bellerin (Arsenal), Marc Bartra (Real Betis), dan beberapa nama lain.

Dari 23 pemain yang dibawa ke Rusia, Real Madrid mendominasi dengan menyumbang enam pemain. Mereka adalah Sergio Ramos, Nacho Fernandez, Dani Carvajal, Isco, Marco Asensio, dan Lucas Vazquez. Sementara, Barcelona menyumbang empat nama, yakni Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta. (marca/jpc)

Daftar 23 Pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018:

KIPER: Pepe Reina (Napoli), David de Gea (Manchester United), Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao)

BELAKANG: Nacho Fernandez, Sergio Ramos, Dani Carvajal (all Real Madrid), Gerard Pique, Jordi Alba (both FC Barcelona), Alvaro Odriozola (Real Sociedad), Nacho Monreal (Arsenal), Cesar Azpilicueta (both Chelsea)

TENGAH: Andres Iniesta, Sergio Busquets (both FC Barcelona), Saul Niguez, Koke (both Atletico Madrid), Isco, Marco Asensio (both Real Madrid), Thiago Alcantara (Bayern Munich), David Silva (Manchester City)

DEPAN: Iago Aspas (Celta Vigo), Rodrigo (Valencia), Diego Costa (Atletico Madrid), Lucas Vazquez (Real Madrid)

BACA ARTIKEL LAINNYA... IndiHome Siarkan Langsung Seluruh Pertandingan Piala Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler