Skuter Piaggio Makin Diminati di Indonesia

Minggu, 16 Maret 2014 – 10:21 WIB

jpnn.com - Nama Piaggio Vespa sangat legendaris. Sempat kalah oleh pabrikan Jepang yang gencar melansir motor bebek, kini skuter kembali ngetren dan siap bersaing.

---

PIAGGIO Vespa masih mempertahankan ciri khasnya sampai sekarang. Model belakang semok, lampu depan cute, dan spion bulan. Tampilan retronya sungguh memikat. Itu membuat para penggemar Vespa merasakan perbedaan signifikan ketika menung­ganginya.

Meski tampilan klasik, tidak berarti teknologinya ikut jadul. Sebaliknya, Vespa telah dibekali mesin teknologi baru. "Sekarang mesin Piaggio sudah full injeksi dan otomatis," kata Supervisor PT Satya Mandiri Motors, diler resmi Piaggio di Surabaya, Iwan Tribowo.

Iwan mengatakan, ada dua tipe Vespa yang menjadi backbone. Yakni, LX dan S. Keduanya masih menampilkan bodi klasik. Meski demikian, teknologi yang ditanamkan tidak kalah oleh pabrikan Jepang.

Di antaranya, ban standar tubeless dengan velg alloy. Rangka baja monokok dan tidak ada sambungan serta lampu halogen. Selain itu, mesin memiliki dudukan sendiri atau engine mounting. "Ini membuat motor lebih stabil," katanya

Supervisor PT Satya Mandiri Motors, diler resmi Piaggio, Yudha menambahkan, sistem keamanan kendaraan tersebut berbeda dengan motor lainnya. Mereka telah menggunakan immoboliser key. Hanya kunci tertentu yang bisa menghidupkan motor. Jika kunci hilang, menggandakannya harus ke diler resmi. "Dengan catatan, key master tidak hilang. Karena itu, kami anjurkan key master tersimpan. Sehari-hari pakai kunci cadangan saja," tuturnya.

Dengan teknologi tersebut, Piaggio Vespa mampu bersaing dengan skuter asal Jepang. Karena itu, mereka tidak banyak berpromosi di Surabaya Motor Show 2014. Mereka hanya menawarkan diskon mulai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Meski begitu, animo masyarakat tetap tinggi.

Yudha menegaskan, after sales bukan menjadi momok bagi calon pembeli. Jaringan servis dan spare part telah siap. Satya Mandiri Motors memiliki dua showroom plus servis di Surabaya, yakni di Mayjen Sungkono dan Stasiun Kota. "Pengembangan jaringan terus kami lakukan. Apalagi, animo masyarakat juga tinggi," cetusnya. Di pameran, booth Piaggio juga menyediakan unit test drive. (dio/c10/na)

BACA JUGA: Cash Back dari Mazda CX - 5

BACA ARTIKEL LAINNYA... Serahkan 24 Pilot Baru Jebolan BIFA ke Garuda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler