SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Ajang HMUN 2024, Bangun Jejaring Internasional 

Sabtu, 27 Januari 2024 – 16:44 WIB
Rasa bangga dan bahagia dirasakan para siswa delegasi SMA Labschool Jakarta saat bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, yang tengah mengikuti agenda sidang di Dewan Keamanan PBB. Foto dok. SMA Labschool Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - SMA Labschool Jakarta mewakili Indonesia di Harvard Model United Nations (HMUN).

Kompetisi tahunan simulasi sidang PBB skala internasional itu diadakan oleh Universitas Harvard pada 25-28 Januari 2024 di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

BACA JUGA: SMP Labschool Kebayoran Bakal Tampil di RIMINI FEST Italia

Kompetisi HMUN 2024 adalah persidangan yang ke-71 dan merupakan ajang lomba simulasi sidang PBB tertua serta paling bergengsi di dunia. 

SMA Labschool Jakarta rutin mengikuti HMUN sejak 2014.

BACA JUGA: SMA Labschool Gelar Job Experience Sharing

Kali ini sekolah yang berlokasi di Jakarta Timur tersebut membawa 40 siswa bersama guru pembimbing Satriwan Salim, Nuniek Qurniasih, Iwan Kurniadi, dan kepala sekolah Suparno Sastro.

Sekretaris Jenderal HMUN 2024 Angela Dela Cruz dalam pidato pembukaan menyampaikan Harvard MUN 2024 diikuti 4.000 siswa sekolah menengah, yang berasal dari 250 sekolah dari 50 negara.

BACA JUGA: Begini Strategi SMA Labschool Rawamangun Untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa

Sementara itu, Kepala SMA Labschool Jakarta Suparno Sastro mengatakan keikutsertaan Labschool dalam HMUN menjadi tantangan untuk menguji wawasan dan keterampilan berdebat dan bernegosiasi siswa.

Sekaligus momentum membangun kolaborasi dan jejaring internasional.

"Kesempatan mahal bagi siswa kami membangun dialog dalam kebinekaan global, nalar kritis, mensimulasikan diri seperti diplomat, dan kreatif membuat resolusi. Menjadi wujud nyata pengembangan Profil Pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka," tuturnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/1).

Dia melanjutkan para siswa sudah mengikuti serangkaian pelatihan selama 4 bulan di sekolah.

Doktor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini berharap performa siswa optimal.

Kesempatan luar biasa memenuhi undangan Harvard.

"Dalam kompetisi menang kalah biasa, tetapi membangun percaya diri dan mengasah kepemimpinan di antara 4 ribu siswa dari 50 negara, itu yang luar biasa," ungkap doktor UNJ ini.

Muhammad Rafi Rahmadana, salah satu delegasi mengatakan menginjakkan kaki di Amerika Serikat, lalu, mengikuti HMUN, dan berkunjung ke Universitas Harvard adalah impiannya.

Dia menceritakan rangkaian HMUN itu lumayan berat. Mereka dilatih berbulan-bulan untuk debat, negosiasi, memimpin aliansi, riset, membuat position paper. 

"Di sini sedang musim dingin sampai minus tujuh derajat, beda banget sama Indonesia, tetapi saya terharu bahagia bisa ke Harvard," ungkapnya.

Rasa bangga dan bahagia dirasakan para siswa delegasi SMA Labschool Jakarta saat bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, yang tengah mengikuti agenda sidang di Dewan Keamanan PBB. 

"Di tengah padatnya acara beliau, Bu menteri bersedia meluangkan waktunya mengunjungi kami saat mendengar delegasi Labschool juga sedang berada di Markas Besar PBB, New York, Senin 22 Januari 2024," kata Suparno.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno yang didampingi Duta Besar Indonesia untuk PBB, Arrmanatha Nasir serta diplomat lainnya memberi wejangan kepada para siswa, agar tetap optimistis menatap masa depan, membangun koneksi global, dan ikut berpartisipasi dalam membangun dunia yang lebih baik.

Sebab, tantangan generasi ke depan makin kompleks. 

Menlu Retno mengutarakan peran aktif dan strategis Indonesia dalam kancah politik global untuk mewujudkan perdamaian dunia. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Skylite Musicals Jadi Event Tahunan di SMA Labshool


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler