Soal Cawapres Pendamping Anies, Gus Choi Memberikan Catatan Begini

Rabu, 19 Oktober 2022 – 20:10 WIB
Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Effendy Choirie atau Gus Choi di NasDem Tower. Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anies Baswedan sudah resmi diusung Partai NasDem untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024

Namun, sejauh ini belum ada nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies berlaga di perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu. 

BACA JUGA: Ganjar Siap Maju sebagai Capres, Willy NasDem: Mas Anies Dapat Rival Sepadan

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie mengatakan bahwa dalam pemilihan cawapres, Anies tentu memiliki otoritas, tetapi partai politik pengusung juga akan bersama-sama. 

Gus Choi, panggilan akrab Effendy Choirie lalu berbicara soal sosok cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan.

BACA JUGA: Anies Dijegal Lewat Kasus Formula E? Gus Choi Berdoa kepada Tuhan

“Kriteria secara mendasar adalah yang menunjang kemenangan Anies Rasyid Baswedan,” kata Gus Choi dikutip dari tayangan Ngompol JPNN.com di YouTube, Rabu (19/10).

Menurut Gus Choi, cawapres pendamping Anies juga harus dilihat dari kompetensi, kapasitas, dan integritas.

BACA JUGA: Sejumlah Kader Mundur Seusai NasDem Mengusung Anies, Gus Choi: Tak Punya Peran

Selain itu, tegas dia, juga memiliki massa dan pendukung. 

“Supaya kehadiran cawapres mendongkrak suaranya Mas Anies. Mas Anies itu sudah punya pendukung fanatik di mana-mana,” ungkapnya. 

Pria kelahiran Gresik 17 Juni 1963 ini juga mengatakan pemerintahan yang terbentuk nanti arahnya harus jelas sebagaimana di UUD NRI 1945. 

“Siapa pun cawapres Anies, Indonesia ini sudah jelas harus diarahkan ke mana. Indonesia sudah punya rumusan mukaddimah UUD 1945, di situ sudah jelas Indonesia harus menjadi seperti apa.” katanya.

Kemudian, lanjut Gus Choi, berdasar alinea berikutnya di UUD NRI 1945, pemerintahan yang terbentuk nanti harus melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

“Artinya, seluruh rakyat Indonesia harus merasa nyaman, harus merasa bahagia. Kalau bisa, bahagia dunia akhirat,” paparnya. 

Selanjutnya, Gus Choi menambahkan bahwa wilayah Indonesia yang luas tidak boleh dicaplok oleh negara lain, dan harus aman dari gangguan negara-negara asing.  “Artinya, ini melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” ungkap Gus Choi. 

Politikus yang juga pernah menjadi wartawan itu menambahkan siapa pun wakilnya Anies, harus bisa bersama-sama memajukan kesejahteraan umum. 

“Jadi, rakyat Indonesia selain aman dan nyaman, wilayahnya aman tidak diambil negara lain, rakyatnya juga harus maju bidang ekonominya, harus sejahtera baik sandang, pangan, papan semua tercukupi,” paparnya. 

Mantan anggota DPR ini menegaskan bahwa rakyat Indonesia harus cerdas.  

“Ini artinya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak boleh ada (rakyat) yang bodoh,” ungkap dia. 

Tak hanya itu, dia menyebutkan pemerintah berikutnya harus ikut menciptakan perdamaian dunia. 

Lalu, berperan menciptakan tata dunia baru yang lebih aman sejahtera, dan saling menghormati antarbangsa. 

"Sekarang tinggal bagaimana dia punya cara strategi yang lebih efektif untuk tujuan nasional," jelasnya.

Dia juga menyebutkan cara Anies dan cawapresnya harus efektif, cepat, dan tidak mempersulit.

"Buatlah gampang jangan kau buat repot. Semua rakyat beri kabar gembira, beri semangat, optimisme. Jangan dibuat pesimistis dan gaduh," pungkas Gus Choi. (mcr8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler