Soal Kualitas Caleg, KPU Tak Mau Tahu

Jumat, 03 Mei 2013 – 17:51 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai partai politik (parpol) sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kualitas calon anggota legislatif (caleg). Pasalnya, partailah yang paling mengenal calon-calon yang mereka ajukan.

"Tidak ada orang yang lebih tahu tentang profil kadernya selain partai politik yang bersangkutan," kata Ferry dalam acara diskusi di Media Center KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Menurut Ferry, semua parpol pasti memiliki dokumen mengenai rekam jejak caleg yang diajukannya. Karena itu partai seharusnya sudah bisa mendeteksi caleg-caleg yang memiliki masalah hukum atau tidak memenuhi syarat sejak dini.

Jika partai bisa melakukan hal ini, lanjut Ferry, maka akan sangat membantu kerja KPU. Pasalnya, selama ini KPU sering mendapat keluhan dari masyarakat terkait perbuatan amoral atau masalah hukum seorang caleg.

"Hal-hal seperti ini harusnya sudah selesai di tingkatan internal partai. Kader-kader yang memang tidak memenuhi syarat meski populer atau merakyat harusnya tidak dipaksakan maju," tegasnya.

Lebih lanjut Ferry berharap parpol dapat lebih memperhatikan kualitas calegnya. Karena hal ini juga berpengaruh terhadap kredibilitas partai. "Partai yang tadinya dipercaya publik, tetapi karena satu orang kadernya bermasalah akhirnya semua kena," tandasnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hatta: PAN dan PDS Partai Terbuka

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler