Soal Usulan Anggaran untuk Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia, Ganjar: Setuju Sekali

Rabu, 06 Desember 2023 – 21:28 WIB
Capres RI Ganjar Pranowo disambut langsung Sultan Aji Muhammad Arifin saat menyambangi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023). Foto: Dokumentasi tim GP

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan siap memberikan perhatian demi menjaga eksistensi kesultanan dan kerajaan di Indonesia.

Ganjar pun telah membuktikannya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

BACA JUGA: Berkunjung ke Kalimantan, Ganjar Pastikan Pembangunan IKN Harus Dilanjutkan

Hal ini disampaikan Ganjar saat mengunjungi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023).

BACA JUGA: Ganjar: Membangun Indonesia dengan Meninggalkan Budaya Kesalahan Besar, No Left Behind

Kehadiran Ganjar disambut langsung Sultan Aji Muhammad Arifin beserta kerabat kesultanan.

Selain itu, mendapat suguhan tari topeng panji yang menceritakan perjalanan emosional seorang dewa yang terpisah dari kekasihnya dan memutuskan untuk turun ke bumi demi mengemban tugas.

Ada juga tari kanjar ganjur yang sudah menjadi tradisi sebagai proses penyambutan tamu.

Perwakilan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Pangeran Notonegoro mengatakan kehadiran Ganjar bentuk kepedulian dan silaturahmi dari calon pemimpin Indonesia ke depan.

"Sekaligus kesempatan memperkenalkan adat istiadat Kesultanan Kutai Kartanegara yang memiliki makna strategis dengan sejarah kemerdekaan Indonesia," kata Pangeran Notonegoro.

Dia pun meminta politikus berambut putih itu memedulikan keberadaan kesultanan dan kerajaan yang ada di Indonesia.

"Kami berpesan kepada Pak Ganjar untuk memperhatikan kesultanan dan kerajaan dengan menganggarkan untuk menjaga adat istiadat," ujarnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyambut baik dan sepaham dengan yang menjadi aspirasi Kesultanan Kutai Kartanegara tersebut.

"Setuju sekali, banyak kesultanan yang masih hidup. Ada yang eksis betul, otonom dan cukup mandiri, tetapi ada yang butuh perhatian. Maka kalau kita mencintai budaya kita, wajib hukumnya kita membantu," ujar Ganjar.

Perhatian kepada kesultanan dan kerajaan bukan hal yang baru.

Pengalaman Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah juga telah pernah memberikan perhatian kepada Kesultanan dan kerajaan.

"Saya punya contoh praktik untuk di Jawa Tengah itu rutin tiap tahun kita bantu. Maka kalau hari ini ada suara yang muncul dari kesultanan Kutai Kartanegara sebenarnya itu mirip dengan kesultanan dan kerajaan yang lain. Kami berkomunikasi dengan banyak organisasi dan harapan itu sama, maka kita lakukan," kata Ganjar.

Kunjungannya ke Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di akhiri dengan ziarah ke makam-makam sultan terdahulu. (mrk/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler